iklan


iklan
Metro Kendari

Pemkot Kendari Gelar Pelatihan Pengelolaan Pariwisata

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Guna meningkatkan kemampuan untuk mengelola sektor pariwisata di Kendari, Pemerintah Kota (Pemkot) memberikan pelatihan kepada beberapa kelompok pariwisata, Rabu (26/10/2022).

Pelatihan yang diberikan Pemkot Kendari meliputi beberapa bentuk, yakni pelatihan pengelolaan toilet di destinasi wisata, kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah, pemandu wisata outbond, digitalisasi branding, pemasaran dan penjualan pada desa wisata, kuliner, penginapan dan fotografi.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, salah satu instrumental yang perlu diketahui adalah peningkatan kapasitas dan kualitas serta produktivitas tenaga kerja di sektor pariwisata.

“Peserta pelatihan semua di tempat ini dalam rangka meningkatkan kapasitas maupun potensi serta kualitas dan produktivitas tenaga kerja di sektor pariwisata,” ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk meningkatkan kemampuan tenaga kerja di sektor pariwisata, Pemkot Kendari melalui program-program destinasi wisata kabupaten/kota yakni pada kegiatan masyarakat mengelolaa potensi budaya, meningkatkan kegiatan untuk menambah pengetahuan, motivasi serta kompetensi dalam pengelolaan di sektor pariwisata.

Ia mengingatkan kepada peserta pelatihan, setelah mengikuti kegiatan tersebut selama tiga hari, dapat meningkatan pengetahuan, meningkatan kompetensi, pengetahuan, motivasi dan kompetisi harus meningkat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari, Fauziah A. Rachman mengatakan, peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari beberapa kelompok, diantaranya kolompok sadar wisata, kelompok ekraf khususnya di bidang kriya.

“Itulah kelompok yang kami latih disini. Jadi kalau mereka sudah terlatih disini. Artinya tidak susah untuk meningkatkan kompetensi yang ada,” katanya. (bds)

Reporter: Zubair
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button