Categories: Metro Kendari

Pemkot Akan Naikan Gaji Petugas Kebersihan

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Penanganan sampah menjadi salah satu komitmen Pemerintah Kota Kendari untuk dapat diselesaikan. Salah satu upaya yang lakukan untuk menuntaskan penanganan sampah ini yakni dengan cara menaikkan gaji petugas kebersihan.

Selain itu Pemkot Kendari juga akan memperbaiki sejumlah armada pengangkut sampah yang kondisinya rusak.

“Tahun depan kita akan lakukan pengadaan untuk meremajakan beberapa armada kita, termasuk bulan ini kita akan lakukan penyesuaian honor tenaga kebersihan kita, Insya Allah bulan Mei ini kita akan naikkan supaya mereka lebih semangat,” ujar Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Kamis (9/5/2019).

Sebelumnya, kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( DLHK ) mengatakan gaji Petugas kebersihan 900 ribu/bulan untuk dua jam kerja dari jam 08.00 s/d 10.00 wita, serta mereka mempunyai 36 unit armada pengangkut sampah beberapa diantaranya usianya cukup tua.

Dari armada yang tersedia, hanya bisa mengangkut 150 ton sampah perhari dari 260 ton sampah yang diproduksi warga Kota Kendari. Artinya, ada 110 ton yang tidak terangkut. Idealnya, dibutuhkan sekitar 50 armada truk untuk mengangkut seluruh sampah.

Reporter: Musdar
Editor: Dahlan

Komentar