Categories: Metro Kendari

Pembangunan Jembatan Pasar Baru Kendari Ditarget Rampung September 2023

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Tenggara (Sultra) menargetkan pembangunan Jembatan Pasar Baru Kendari bakal rampung pada September 2023. Kepala Satuan Kerja (Kasatker) SKPD BPJN Sultra, Naswar mengatakan, lelang proyek telah selesai dilakukan dan saat ini telah memasuki tahapan pekerjaan akhir dari pembangunan jembatan.

“Pembangunan ini telah kami mulai sejak awal tahun 2023, dengan anggaran pada tahap ini 4,8 miliar. Dalam pembangunan ditargetkan akan selesai pada September 2023,” ungkapnya, Senin (8/5/2023).

Lebih lanjut, saat ini BPJN masih melakukan tahapan pengerjaan penimbunan untuk pemerataan jalan yang akan menyatukan ke bagian jembatan.

Kemudian kata Naswar, tahapan selanjutnya akan dilakukan pemadatan timbunan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan untuk menyeimbangkan kadar air.

“Selanjutnya akan masuk dalam tahapan lapisan kelas A, di mana tahapan pondasi dari jalan itu akan dipadatkan lagi dan terakhir dilakukan pengaspalan,” tuturnya.

Pengerjaan jalan yang dilakukan ini sepanjang 70 meter khusus di jembatan dan sekira 40 meter untuk akses sambung jalan utama yang menghubungkan jalan menuju jembatan.

Naswar menuturkan pembangunan jembatan ini sempat terkendala karena adanya pembebasan lahan warga di sekitaran kawasan jembatan.

Tim yang menangani pembebasan tanah tersebut yakni Dinas Perumahan Provinsi Sultra Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sultra dengan luas lahan yang akan dibebaskan kurang lebih 2000 meter persegi. (bds)

 

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Wulan

Komentar