Metro Kendari

Pelatihan Aktivitas Stimulasi Kognitif Anak Usia Dini Bagi Orang Tua Dimasa Pandemi Covid-19

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sejumlah dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan objek pengabdian adalah orang tua anak di PAUD Islam Insan Unggul Kendari.

Tim dosen pelaksana kegiatan pengabdian terdiri dari Dr. M. Safiuddin Saranani, S.S., M.A, sebagai ketua tim, Dr. Sitti Rahmaniar Abubakar, M.Pd, Drs. Ahid Hidayat, M.Hum, Muamal Gadafi, S.Ag., M.Pd, Dra. Hj. Arvyaty, M.Si.,M.Pd, Andi Nur Wulan Dwi Noviani,Harlin Yusup, S.Pd,. M.Pd, sebagai anggota.

Ketua tim pengabdian masyarakat, Muhamad Safiuddin Saranani menjelaskan pengabdian ini bertujuan membantu orang tua PAUD Islam Insan Unggul Kendari untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui aktivitas atau permainan sederhana yang menyenangkan bagi anak dan dapat dilakukan dengan peralatan sederhana di rumah.

Kontribusi bagi PAUD mitra adalah orang tua murid dapat memperoleh wawasan mengenai perkembangan kognitif anak dan juga dapat merancang aktivitas belajar anak yang sesuai, untuk menstimulasi perkembangan kognitif sehingga dapat mendukung pembelajaran anak selama di rumah.

Target khusus yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah adanya aktivitas stimulasi perkembangan kognitif anak yang dapat mendukung pembelajaran di rumah di masa pandemi, dan keterampilan orang tua wali murid mitra dalam merancang.

Berikutnya, membuat aktivitas belajar anak dalam mengembangkan kognif anak lebih bervariasi tidak monoton, dan orang tua mitra juga dapat mengontrol dan memantau perkembangan kognitif anak selama pembelajaran dirumah dengan menggunakan aktivitas sederhana yang telah dibuat.

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan yaitu tim pengabdian masyarakat merancang aktivitas stimulasi perkembangan kognitif anak yang akan dibuat, memberikan edukasi tentang perkembangan kognitif dan pelatihan tentang perancangan ativitas stimulasi perkembangan kognitif anak untuk pembelajaran selama di rumah selama masa pandemi, orang tua PAUD pada mitra melakukan pembuatan aktivitas stimulasi perkembangan kognitif anak didampingi tim pengabdian masyarakat.

Dalam giat pengabdian, safiuddin dan tim menemukan beberapa persoalan yakni, kurangnya pembelajaran tatap muka di sekolah PAUD dimasa pandemi Covid-19, masih kurangnya pengetahuan orang tua dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di masa pandemi Covid-19, dan kurangnya variasi kegiatan yang dilakukan anak di rumah dalam upaya pengembangan kognitifnya.

Secara spesifik dapat dijabarkan masalah yang dialami oleh orang tua mitra yaitu PAUD Islam Insan Unggul diantaranya tidak adanya aktivitas stimulasi perkembanga kognitif anak yang dapat mendukung pembelajaran dirumah masa pandemic, keterampilan orang tua wali murid mitra dalam merancang, membuat aktivitas belajar anak dalam mengembangkan kognif anak lebih bervariasi tidak monoton.

Lainnya adalah, orang tua mitra juga dapat mengontrol dan memantau perkembangan kognitf anak selama pembelajaran dirumah dengan menggunakan aktivitas sederhana yang telah dibuat dan orang tua Mitra juga belum pernah mengikuti pelatihan aktivitas stimulasi perkembangan anak usia dini bagi para guru orang tua wali murid TK untuk mendukung pembelajaran anak dirumah yang dapat menunjang stimulasi perkembangan kognitif anak.

“Kontribusi mendasar pada khalayak sasaran, Setelah mendapat pelatihan dan pendampingan ini orang tua di PAUD mitra, diharapkan dapat memperoleh wawasan dan membantu orang tua merancang, membuat dan menggunakan aktivitas yang bervariasi dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak yang telah dirancang sehingga dapat mengembangkan kognitif anak selama belajar dirumah dimasa pandemic Covid-19. Sejak masa pandemi covid 19, banyak lembaga pendidikan yang terpaksa menghentikan layanan pendidikan tatap muka dan mengalihkannya menjadi layanan jarak jauh melalui jaringan komunikasi seperti internet dan jaringan seluler,” katanya.

Lebih lanjut kata safiuddin, solusi permasalahan yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengadakan pelatihan aktivitas stimulasi kognitif anak usia dini bagi orang tua dimasa pandemi covid-19 yang dapat berkontribusi pada meningkatnya kualitas pembelajaran anak khususnya perkembangan kognitif yang dilakukan oleh orang tua anak pada PAUD Islam Insan Unggul dengan membantu orang tua anak merancang, membuat dan menggunakan aktivitas stimulasi perkembangan kognitif anak yang sesuai dengan usia anak.

“Pendidikan Anak usia dini merupakan hal yang sangat fundamental krn perkembangan anak pada masa selanjutnya tergantung dari perlakuan atau stimulasi positif yang di berikan oleh guru di sekolah ataupun orang tua di rumah sejak dini.stimulasi positif harus merata perlakuannya kepada 6 aspek perkembangan anak, yakni aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, Kognitif, Bahasa, social-emosional; dan Seni sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini,” tukasnya.

Reporter: Betyruddin
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button