Metro Kendari

Peduli Tim Penguburan Jenazah Pasien Covid-19, PKB Salurkan Bantuan Sembako

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembami menyalurkan bantuan sembako.

Kali ini, DPW PKB Sultra menyasar para petugas penguburan TPU Punggolaka dan pemulasaran jenazah coronavirus disease 2019 (Covid-19) RSUD Bahteramas Kendari.

Jika sebelumnya, partai besutan Muhaimin Iskandar juga memeberikan bantuan berupa paket nutrisi dan sembako kepada warga Kota Kendari yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Ketua DPW PKB Sultra Jaelani mengatakan, petugas penguburan dan pemulasaran jenazah di RSUD Bahteramas Kendari juga bagian dari garda terdepan penanganan pandemi ini.

Apalagi akhir-akhir ini, beban kerja tim pemulasaran jenazah dan penguburan ini bertambah seiring peningkatan kasus meninggalnya pasien Covid-19 di Kota Kendari.

Untuk itu, bang Jay panggilan akrabnya bilang, mereka perlu diberikan bantuan sebagai bentuk apresiasi PKB Sultra atas kerja-kerja kemanusiaan ini.

“Walupun tidak seberapa, tapi bantuan ini begitu berarti untuk mereka,” kata dia, usai mendistribusikan paket sembako kepada petugas penguburan dan pemulasaran jenazah, Rabu (4/8/2021).

Ia melanjutkan, cerita dari tim pemulasaran dan penguburan pasien Covid-19, ini bagian dari kisah pilu di tengah pandemi mewabah di Bumi Anoa.

“Kita sangat sedih banyak sekali pasien yang terinfeksi Covid-meninggal dunia. Hal ini harus menjadi warning bagi kita semua betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi ini,” jelasnya.

Ia menuturkan, bantuan yang diberikan PKB ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial dalam kolaborasi kemanusiaan. Sudah saatnya semua pihak berkolaborasi dan saling mengingatkan agar terus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Ini tidak ada urusannya dengan politik. Sebab, dalam pandangan politik PKB sebagaimana yang sering diungkapkan GusDur (KH Abdurrahman Wahid), bahwa yang lebih penting dari politik itu adalah kemanusiaan,” katanya.

“Politik itu ada momentumnya, tapi rasa kemanusiaan itu tidak terbatas ruang dan waktunya. Hal ini lah yang selalu ditanamkan kepada seluruh kader PKB,” sambungnya.

Dalam pendistribusian logistik ini, kata Jaelani, pihaknya melibatkan mahasiswa dan anak-anak muda milenial. Tujuannya agar mereka memiliki sensitifitas terhadap masyarakat di sekitarnya.

“Kita ingin yang muda-muda ini terpanggil dan terketuk hatinya dengan situasi di sekitarnya. Kami ajak mereka ikut berkolaborasi untuk saling bantu. Itu poin utamanya melibatkan generasi muda,” jelas Bang Jay.

Sementara itu, Arifin mengakui beberapa pekan terakhir beban kerja mereka kian berat, disebabkan makin tingginnya kasus meninggal karena Covid-19.

Dengan begitu, adanya bantuan ini mewakili tim penguburan Covid-19 TPU Punggolaka berterimakasih atas segala bantuan yang diberikan DPW PKB Sultra.

“Terimakasih atas dukungan dan bantuannya. Terimakasih kepada PKB, ketua Muhaimin Iskandar dan pak Jaelani. Semoga bantuan ini mendapat balasan yang setimpal,” tandasnya (bds).

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button