Metro Kendari

Peduli Sesama, BRSLU Minaula Kendari Gelar House Keeping

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sebagai wujud perlindungan kepada lanjut usia (lansia), terutama yang mengalami masalah khusus seperti disabilitas, Kementrian Sosial, melalui Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Minaula Kendari, melakukan kegiatan house keeping (bersih-bersih rumah), di rumah salah seorang lansia di Kelurahan Wua-wua, Kota Kendari.

Koordinator Pekerja Sosial BRSLU Minaula Kendari, Jasman Lampalangi, menyebutkan, kegiatan ini adalah rangkaian respon kasus terhadap lansia yang mengalami disabilitas akibat stroke yang dialaminya sejak 10 tahun yang lalu.

[artikel number=3 tag=”pasar,kendari”]

“Kami mendapatkan informasi mengenai Kakek L yang viral melalui medsos, tentang kondisinya yang sangat memprihatinkan. Dalam kondisi disabilitas, beliau belum mendapatkan layanan kesehatan akibat belum memiliki kartu BPJS, bahkan KTP-nya juga tidak ada. Oleh karena itu, kami lakukan advokasi, kami antar ke Dukcapil untuk perekaman. Alhamdulilah, KTP-nya sudah terbit,” jelasnya kepada Detiksultra.com, Jumat (10/5/2019).

Selain itu, BRSLU Minaula Kendari juga sudah berkoordinasi dengan pihak BPJS Kendari, sehingga kartu BPJS-nya dapat terbit. Sebab, dengan adanya BPJS, lansia tersebut akan mendapatkan layanan Home Care dari puskesmas.

“Hari ini, bersama teman-teman, kami fokus untuk membantu kakek membersihkan dan menata rumahnya agar lebih nyaman, karena kami perhatikan kondisi rumahnya sangat kumuh, kotor, dan kurang ventilasi. Selanjutnya kami juga akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial agar bisa diprioritaskan mendapatkan bantuan sosial,” jelasnya.

Selain bantuan sosial, BRSLU Minaula Kendari juga memberikan edukasi dan terapi, untuk mendekatkan diri terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Dari beberapa sesi latihan, kakek L mengaku merasakan adanya perubahan pada dirinya, dia bisa mengangkat kakinya lebih tinggi dan mampu menggerakkan tangannya lebih jauh,” tandasnya.

Sementara itu, Kakek L merasa sangat senang dan bahagia dengan adanya kunjungan dan bantuan dari tim respon kasus BRSLU Minaula Kendari.

Reporter: Sunarto
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button