Categories: Metro Kendari

Pastikan Keamanan Libur Nataru di Pantai Toronipa, Pengunjung Diimbau Tak Bawa Sajam dan Miras

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Wisata Pantai Toronipa, Kelurahan Toronipa. Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), dipastikan akan dipadati pengunjung saat puncak libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024.

Mengingat kepadatan pengunjung dua hari ke depan, Kapolsek Soropia Ipda Mursadin mengimbau pengunjung agar mematuhi aturan, dengan tidak membawa senjata tajam (sajam), minuman keras (miras) maupun narkoba.

Apabila ada yang kedapatan membawa barang yang tidak diperbolehkan maka jajaran Polsek Soropia tidak segan-segan menindak dan memberikan efek jera sesuai aturan yang berlaku.

Hal ini ditekankan Polsek Soropia guna memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung saat berkunjung di Pantai Toronipa, kala menghabiskan momen libur nataru kali ini bersama sanak keluarga.

“Kami perlu ingatkan kepada setiap pengunjung, untuk saling menjaga keselamatan ketika berlibur di Pantai Toronipa, terutama tidak membawa miras, sajam maupun narkoba,” ungkap dia saat dihubungi awak media ini, Minggu (31/12/2023).

Selain itu, juga memastikan kondusifitas di wilayah Pantai Toronipa selama momen nataru, Marsudin sebut pihaknya sejak 22 Desember 2023, sudah mendirikan pos keamanan tepat pintu masuk Pantai Toronipa, dan intens melakukan patroli rutin.

Khusus di malam puncak Tahun Baru 2024 malam nanti, dia mengatakan sejumlah personel dari jajaran Polsek Soropia, Koramil Soropia serta BKO dari Polda Sultra dan Polresta Kendari telah dikerahkan menjaga selama perayaan malam tahun baru.

“Semua stakeholder, termasuk tim kesehatan dan Basarnas Kota Kendari akan saling bahu membahu menyukseskan malam tahun baru di Pantai Toronipa ini,” jelasnya.

Sehingga ia berharap, dengan dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat, pelaksanaan pengamanan selama libur tahun baru di Pantai Toronipa bisa sukses terlaksana.

“Mudah-mudahan, di Pantai Toronipa ini, sampai pelaksanaan pengamanan pada 2 Januari 2024, aman dan kondusif,” jelas Marsudin.

Terkait ancaman kemacetan di Pantai Toronipa, dia menambahkan, pihaknya sudah memiliki strategi untuk mengurai kemacetan akibat membludaknya kendaraan pengunjung.

Salah satunya, Polsek Soropia bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe, Dinas Perhubungan Konawe, dan Lantas Polresta Kendari bakal menerapkan sistem buka tutup. Strategi ini, tidak beda jauh dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, upaya ini paling efektif dalam mengurai kemacetan nantinya. Ditambah lokasi atau area wisata Pantai Toronipa hanya dapat menampung wisatawan tiga ribu sampai dengan empat ribu.

“Jadi nanti, supaya tidak menumpuk di dalam, kami sistemnya buka tutup. Misal kendaraan keluar 50, kita buka dan beri akses 50 kendaraan untuk masuk. Tapi kalau sudah sangat padat, paling kami arahkan untuk putar balik dan mencari objek wisata lain, kan masih ada kaya di Pantai Bokori maupun di Pantai Batu Gong,” tukasnya. (bds)

Reporter: Sunarto
Editor: Biyan

Komentar