Metro KendariPolitik

KPU Kota Kendari Verifikasi Faktual Partai Golkar

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – KPU Kota Kendari secara marathon mulai melakukan verifikasi faktual partai-partai calon peserta pemilu 2019. DPD II Golkar Kota Kendari yang beralamat di Jalan Abdullah Silondae nomor 127 Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga Kota Kendari, mendapatkan giliran pertama sebagai partai politik (Parpol) yang dikunjungi oleh KPU Kota Kendari untuk diverifikasi secara faktual, Rabu (31/1/2018).
Komisioner KPU Kota Kendari, Hayani Imbu, S.Sos meminta kepada Ketua DPD II Partai Golkar Kota Kendari, Hikman Ballagi untuk menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Tanda Anggota (KTA). Selain Hikman Ballagi, Hayani juga melakukan hal yang sama kepada Sekertaris DPD II Partai Golkar Kota Kendari, Sahabuddin. Hal ini dilakukan untuk menyamakan data dalam berkas pendaftaran parpol yang sebelumnya telah diserahkan kepada KPU.
Menurut Komisoner KPU Kota Kendari, sesuai ketentuan KPU, ada dua hal yang harus diverifikasi yaitu pengurus dan anggota partai.
“Kami sudah memeriksa pak ketua, sekertaris dan bendahara untuk memperlihatkan KTP dan KTA kepada KPU dan Panwas. Selain itu kami meminta untuk memperlihatkan domisili kantor, SK kepengurusan yang sesuai dengan data yang ada dalam sipol. Setelah kami periksa, semuanya sesuai,” ujar Hayani Imbu.
Selain itu Komisioner KPU Kota Kendari juga memeriksa KTP dan KTA keanggotaan Partai Golkar untuk menyesuaikan data yang ada di sistem informasi politik (sipol) dan yang mereka hadirkan.
“Sekarang sudah mulai berjalan pemeriksaanya, dan hampir rampung. Kemudian data yang di sipol itu semua rata-rata sesuai dengan yang mereka tunjukan. Dan saya kira itu sudah memenuhi syarat,” ucapnya.
Kemudian, ia mengatakan lolos dan tidaknya suatu Parpol dalam verifikasi, ditentukan oleh KPU RI. “Hasil verifikasi ini akan kami serahkan ke KPU RI. Kami hanya memverifikasi, tapi yang menentukan syarat lolosnya Partai Golkar untuk mengikuti pemilu itu KPU RI. Namun jelasnya rata-rata memenuhi syarat,” tutupnya.
Reporter: Sunarto
Editor: Rani

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button