Metro Kendari

Kota Kendari Segera Miliki Mobil Penyapu Debu

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui dinas lingkungan hidup dan kehutanan akan segera menyediakan mobil penyapu debu untuk membersihkan area jalan raya.

Kepala DLHK Kendari Nismawati mengatakan, penyediaan mobil penyapu debu tersebut merupakan pertama di Sultra, khususnya Kota Kendari.

“Kami akan hadirkan dua unit mobil penyapu debu di Kendari, untuk harga satuan tersebut Rp2,8 miliar. Anggaran untuk menghadirkan dua unit mobil itu sebesar Rp5,6 miliar,” ujar Nismawati di Rujab Wali Kota, Kamis (20/1/2022).

Dia mengatakan, jalan di Kendari masih ada beberapa yang tanah. Kalau misal ada angin kencang, debu tersebut bertiup menuju aspal. Akhirnya tertumpuk diaspal.

Kegunaan dari mobil tersebut selain menyapu debu di jalan raya, yakni dapat mengerok pasir yang memadat di pinggir aspal jalan.

“Jadi mobil ini nantinya bisa mengisap debu. Disamping mengerok pasir itu. Kelebihannya itu, bahkan tisu-tisu juga bisa diambil dan benda kecil lainnya,” paparnya.

Dia mengatakan, pelayanan tersebut dilakukan di jalan-jalan kota utama. Jadi para penyapu jalan yang ada di area itu digeser ke jalan lain.

“Kalau penyapu biasanya itu hanya mengambil sampah-sampahnya, mobil ini bisa mengambil sampah sekaligus menyedot debu,” paparnya. (bds)

Reporter: M5
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button