Categories: Metro Kendari

Kendari dan Sejumlah Wilayah di Sultra Masih Berpotensi Hujan Disertai Angin Kencang

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari memprediksi Kota Kendari dan sejumlah wilayah di Sultra lainnya masih berpotensi hujan disertai guntur dan angin kencang.

Prediksi ini berdasarkan peringatan dini cuaca Provinsi Sultra yang dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, dengan nomor: B/ME.02.04/085/KKNI/III/2024, tertanggal 8-14 Maret 2024.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie, mengatakan, hujan disertai guntur dan angin kencang tersebut disebabkan karena adanya belokan angin (shearline) di wilayah Sultra.

“Suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sultra cukup hangat yang dapat meningkatkan penguapan (penambahan massa uap air),” katanya melalui pesan singkat WhatsApp, Jumat (8/3/2024).

Lanjutnya, massa udara basah lapisan rendah dan indeks
pembentukan awan-awan konvektif cukup tinggi terkonsentrasi di wilayah Sultra.

Faktor-faktor tersebutlah yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan yang disertai guntur di wilayah Sultra.

Adapun beberapa wilayah yang diprediksi berpotensi dilanda hujan disertai guntur dan angin kencang pada 8 Maret yakni Kendari, Konawe, Konut, Konsel, Bombana, Muna, Mubar, Butur, Wakatobi.

Selanjutnya, pada 9 Maret yakni Kendari, Konawe, Konut, Konsel, Kolaka, Koltim, Kolut, Bombana, Konawe, Buton, Busel, Wakatobi. Kemudian 10 Maret di wilayah Kendari, Konawe, Konsel, Kolaka, Koltim, Kolut, Bombana, Konawe, Buton, Busel.

Berikutnya 11 Maret terdeteksi di Kendari, Konawe, Kolut, Bombana, Busel, Wakatobi. Pada 12 Maret terdeteksi di wilayah Kendari, Konawe, Kolaka, Koltim, Buton, Busel dan Wakatobi.

“Untuk 13 Maret potensi hujan disertai angin kencang terjadi di Kendari, Konawe, Kolaka, Koltim, Busel, Wakatobi. Sedangkan 14 Maret terdeteksi di Kendari, Konawe, Kolut, Busel dan Wakatobi,” terangnya.

Olehnya itu, Faizal mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan dan mempersiapkan diri dengan bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi pada musim hujan seperti banjir, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan lainnya. (ads)

 

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Biyan

Komentar