Metro Kendari

Kemarau Melanda, Damkar Warning Soal Ancaman Kebakaran

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kendari, Junaidin Umar, mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran.

Seruan ini disampaikan Junaidin, ditengah cuaca panas dimusim kemarau yang melanda Kota Kendari dan sekitarnya.

Saat kemarau, ancaman kebakaran rentan terjadi khususnya di area lahan kering dan pemukiman.

“Memang sekarang kita lebih berhati-hati lagi ini yang selalu kami sampaikan dimusim kemarau ini dibandingkan musim yang lainnya,” bebernya.

Junaidin menjelaskan bahwa sumber api tak serta merta bersumber dari korek api saja, akan tetapi juga dapat bersumber dari gesekan benda padat, sehingga bisa jadi pemicu terjadinya kebakaran.

Saat ini, terdata beberapa lahan kosong yang tersebar di Kota Kendari seperti di Kecamatan Baruga, Kecamatan Poasia, Kecamatan Kambu dan dan Kecamatan Puuwatu.

“Kadangkala disana ada laporan kebakaran kita tidak tau, apakah lahan ini disengaja dibakar atau tidak, tapi memang lahan ini rentan terjadi kebakaran,” tambahnya.

Sebagai Dinas yang melayani publik terkhusus mengatasi masalah kebakaran, pihakanya selalu konsisten menjalankan tugasnya dengan baik selama 24 jam.

Selain personel yang tetap standby melayani masyarakat, damkar Kendari juga dibantu dengan tujuh unit armada untuk siap menghalau kobaran api saat Bencana kebakaran terjadi.

“Ada 3 pleton yang Standby diantaranya 2 pleton untuk misi pemadaman dan 1 pleton untuk misi penyelamatan,” tambahnya.

Junaidin menghimbau, agar masyarakat lebih berhati-hati lagi terhadap bahaya kebakaran pada suhu panas musim kemarau.

Reporter: Musdar
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button