Metro Kendari

Hugua: Harga Ikan di TPI Kendari Stabil, Tapi Minim Pembeli

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Hugua berkesempatan mengunjungi pedagang ikan di Kendari.

Kunjungan legislator daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra) ini merupakan bagian dari blusukan yang sering dilakukannya.

Hugua datang ke Tempat Penjualan Ikan (TPI) Kota Kendari, menggunakan baju coklat, beserta masker yang menutupi hampir setengah wajahnya.

Mantan Bupati Wakatobi itu pun mencoba berdialog sekaligus menyerap aspirasi para pedagang ikan di TPI yang beralamat di Kelurahan Sodoha, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

Hugua menanyakan rupa-rupa pertanyaan ke para pedagang, utamanya soal harga ikan menjelang dan memasuki bulan Ramadan 1442 H tahun 2021 ini.

Karena bukan hal yang lazim lagi harga ikan selalu menjadi diskusi menarik jika menjelang dan memasuki bulan puasa.

Saat berdialog, Hugua mendapatkan jawaban bahwa harga ikan di TPI itu masih terlampau stabil atau masih normal.

Meski kata maestro pariwisata Sultra ini, ada beberapa harga ikan yang mengalami kenaikan, tapi sangat minim.

“Dari hasil dialog dengan para pedagang, memasuki bulan puasa Ramadhlan harga komoditas perikanan di sini terpantau stabil ya, adalah mengalami kenaikan tapi sangat minim” ungkap dia, Kamis (22/4/2021).

Walaupun harga ikan terpantau stabil, tetapi persoalan lain yang dihadapi para pedagang ikan adalah minimnya pembeli atau konsumen yang datang ke TPI.

Kata Hugua, berdasarkan hasil diskusi dengan para pedagang, kebanyakan para pembeli lebih dulu memilih mudik di kampung halaman pada awal bulan puasa.

“Ini untuk menghindari larangan pemerintah mudik pada saat lebaran,” kata Hugua.

Lebih lanjut, Hugua bilang, selain pedagang mengeluhkan minimnya pembeli, pedagang lainnya turut mengeluhkan sikap pembeli.

Katanya, kadang pembeli seringkali menawarkan harga yang terlalu rendah. Sehingga membuat para pedagang cukup terlihat kesal, karena ada pembeli yang menawar lebih dari separuh harga yang ditetapkannya.

Padahal, ikan-ikan yang dijual pedagang ini merupakan ikan dengan kualitas sangat baik.

Hugua menambahkan akan menindaklanjuti setiap aspirasi dari para pedagang ikan dan juga masyarakat yang sifatnya membangun.

“Nanti kita sampaikan kepada mitra kerja atau fraksi PDI Perjuangan di DPR,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button