Categories: Metro Kendari

Hari Pangan, Panen Kakao Gelar di Konsel

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Desa Angata Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), ditunjuk sebagai lokasi kegiatan panen raya kakao memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) Oktober 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pangan Kota Kendari Nismawati mengatakan, dalam perayaan HPS akan ada kegiatan panen raya kakao, rencananya akan diikuti oleh presiden Indonesia Joko Widodo pada 23 Oktober.

“Di Konsel ada panen raya kakao. Setiap kegiatan HPS, dihadiri oleh presiden. Panennya itu disesuaikan dengan potensi masing-masing daerah, misalnya Kalimantan terkenal dengan padinya, dan Sulawesi terkenal dengan tanaman kakaonya jadi nanti akan tanem raya kakao,” ujar Nismawati.

[artikel number=3 tag=”hani,konsel”]

Beberapa daerah di Sultra yang terkenal dengan penghasil kakao seperti Kolaka Timur (Koltim) maupun Kolaka Utara (Kolut), namun desa Angata Kabupaten Konsel ditunjuk oleh kementerian.

”Sebenarnya yang terkenal dengan panen kakaonya di Kolaka timur dan Kolaka utara, sebenarnya kementerian itu mengarah kan ke Koltim tetapi setelah ditinjau, Konsel yang siap panen, tepatnya di Angata yang diperkirakan dibulan Oktober bisa dipanen,” jelasnya.

Angata dipilih karena lokasinya yang berdekatan dengan pusat kegiatan HPS di Kota Kendari. Selain itu Kota Kendari tidak memiliki lokasi panen kakao.

Reporter: Musdar
Editor: Sumarlin

Komentar