Metro Kendari

Gubernur Ali Mazi Tunjuk Kadisdikbud Sultra jadi Plh Sekda?

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi dikabarkan sudah menunjuk salah satu pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), guna mengisi kekosongan jabatan Sekda Sultra.

Nama yang ditunjuk Ali Mazi yakni Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Sultra, Asrun Lio. Kabarnya dia dipercayakan menjabat pelaksana harian (Plh) Sekda Sultra.

Mengenai isu tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Sultra, Ridwan Badallah saat dikonfirmasi mengatakan dirinya juga belum mengetahui secara pasti siapa yang ditunjuk oleh Gubernur.

Soal rumor Asrun Lio yang ditunjuk jadi Plh Ridwan Badallah, bisa benar atau sebaliknya. Sebab menurut dia keputusan itu ada ditangan Gubernur Sultra.

“Hak prerogatif pak Gubernur untuk menunjuk siapa. Soal pak Asrun Lio kemungkinan beliau, tapi saat ini saya juga belum mengetahui,” ujar dia saat dihubungi, Rabu (6/4/2022).

Namun, untuk memastikan siapa yang mengemban amanah Plh Sekda, lanjut Ridwan Badallah, nanti diketahui setelah Nur Endang Abbas dilantik sebagai Widyaiswara Ahli Utama Pemprov Sultra.

Usai dilantik di hari itu juga, otomatis jabatan Sekda Sultra akan ditinggalkan oleh Nur Endang Abbas dan terjadi kekosongan.

Untuk mengisi kekosongan tersebut, Gubernur tentunya akan menunjuk pejabat esselon II lingkup Pemprov Sultra jadi Plh.

“Jelasnya nanti setelah pelantikan pukul 14.00 Wita sore nanti, baru kita tahu siapa yang ditunjuk,” jelas Ridwan Badallah.

Sementara, Asrun Lio yang dihubungi via seluler belum memberi konfirmasi dirinya akan ditunjuk sebagai Plh Sekda.

Untu diketahui, Nur Endang Abbas akan melepas jabatannya sebagai Sekda Sultra atau “Jenderal” Pegawai Negeri Sipil (PNS), setelah ia memasuki pensiun.

Nur Endang Abbas per tanggal 7 April 2022 genap berusia 60 tahun batas tertinggi jabatan tinggi fungsional madya PNS.

Sebabai wujud apresiasi negara kepada Nur Endang Abbas yang telah mengabadikan diri sebagai PNS selama bertahun-tahun, dia mengemban tugas baru sebagai Widyaiswara ahli utama Pemprov Sultra hingga di usia 65 tahun.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button