Metro Kendari

Giat Diksar Pemuda Pancasila, La Ode Haji Polondu Beri Motivasi Berorganisasi

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Wakil Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Sulawesi Tenggara (Sultra) La Ode Haji Polondu memberikan semangat dan motivasi dalam berorganisasi kepada puluhan peserta kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) 1 Pengurus Cabang (PC) Satuan Siswa Pelajar Mahasiswa Pemuda Pancasila Muna Barat.

Diksar ini mengambil tema ‘Reorientasi Semangat Kebhinekaan dan Jiwa Nasionalisme Pemuda’, yang diselenggarakan di aula Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sultra, Minggu (28/3/2021).

Dalam materinya, orang nomor satu di Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari ini menjelaskan, posisi organisasi kepemudaan dalam paradigma gerakan kekinian kepada para puluhan peserta yang berasal dari berbagai wilayah agar dapat berorganisasi dengan baik dan benar.

“Inti dari organisasi adalah bekerja sama dengan baik secara kelompok untuk mencapai tujuan kolektif. Terpimpin, terkendali, dan terencana,” katanya.

Ia menjelaskan, akan ada hambatan dan cobaan yang menerpa ketika berorganisasi, namun itu semua hanyalah dinamika dalam proses untuk mematangkan diri sehingga dapat mencapai tujuan.

Sebagai contoh, misalnya kepala sebagai ketua atau pemimpin akan bertanggung jawab pada semua hal yang ada di tubuh manusia, karena kepala yang mengontrol semua tindakan.

Sehingga ketika ada anggota tubuh yang sakit, kepala pun ikut sakit dan mengobatinya perlu peran semua. Seperti itulah organisasi perlu dukungan dari semua, tidak hanya mengandalkan pemimpin.

“Meski dalam posisi apapun dalam berorganisasi kita harus jalani dengan ikhlas. Sebab, tanpa posisi itu tujuan organisasi tidak akan tercapai dan posisi apapun itu akan memiliki nilai yang sama dalam memperoleh tujuan,” tuturnya.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) ini juga berpesan kepada seluruh peserta agar tidak menyimpan dendam pada siapa pun selama berproses dalam berorganisasi.

“Saya pun saat ini merasa bersyukur, pada orang-orang yang telah merendahkan saya ketika menuntut ilmu, karena berkat mereka saya menjadi seperti saat ini. Mereka telah menjadi motivasi yang tidak langsung bagi saya untuk tidak menyerah pada kondisi di mana saya terpuruk,” tutupnya.

Kegiatan diksar ini telah berlangsung sejak 26 Maret dan berakhir pada 28 Maret dengan pesertanya berasal dari semua wilayah di Sultra yang merupakan mahasiswa aktif tahun angkatan 2019-2020.

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button