Metro Kendari

Fasilitas Lapas Kendari Dikritik, Kemenkumham: Beda untuk Napi Lansia

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkunham) Sultra, Sofyan SH MH, mengakui adanya fasilitas khusus pengadaan barang di kamar napi Lapas Kendari.

Jelasnya, pengadaan tersebut merupakan dispensasi pihak Kanwil Kemenkunham Sultra terhadap narapidana lansia.

“Memang satu sisi demikian dari pandangan Ombudsman RI, tapi pandangan kami tidak, karena kami ada dispensasinya terkait tahanan dan napi yang sudah berusia lanjut,” ucapnya saat ditemui saat pembukaan Pekan Olahraga dan Seni(Porseni) di Lapas Kelas IIA Kendari, Rabu(7/8/2019).

Tambahnya, ia tak sependapat soal statemen Ombudsman terkait kritik penyamarataan fasilitas napi dalam Lapas.

“Coba bayangkan kalau anda lansia berumur 70 tahun, terus harus menggunakan WC jongkok, kuat gak dengkulmu, bukan masalah mewahnya, memangnya berapa sih harga kloset duduk kan ada aturannya itu,” pungkasnya lagi.

Dirinya pun menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan koreksi dan pertimbangan dari pihak Kemenkunham dan tidak menyalahi aturan.

“Artinya inilah pertimbangan dan koreksi dari kami, dan saya juga sangat berterima kasih pada pihak Ombudsmn RI sudah memberikan masukan dan perhatian, akan tetapi tetap harus ada koordinasi dengan kami tentunya,” tandasnya.

Reporter: Gery
Editor: Dahlan

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button