Metro Kendari

Cegah Calo Pasport, Pendaftaran Online Versi Baru Dirilis

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Maraknya beredar aksi mark up tarif pengurusan pasport sehingga memberatkan masyarakat yang ingin membuat pasport, kini mulai menjadi perhatian Kantor Imigrasi, tak terkecuali Kantor Imigrasi Kelas I Kendari.

Humas Kantor Imigrasi Kelas I Kendari, Muhammad Keti, menjelaskan, pihaknya sebelumnya telah membuat pendaftaran pasport online versi pertama dengan tujuan mencegah munculnya calo-calo pengurusan pasport.

“Sebelumnya sudah ada fasilitas pendaftaran pasport online yang disediakan akan tetapi kelemahannya, seseorang bisa mendaftarkan banyak orang dengan satu akun berkali-kali sehingga masih dapat menjadi celah bagi calo-calo pengurusan pasport sehingga ada upgrade yang kami lakukan pada versi kedua,” bebernya, Rabu (28/8/2019).

[artikel number=3 tag=”calo,kendari”]

Jadi setelah upgrade pelayanan pengurusan pasport online dari versi pertama ke versi kedua, akhirnya mampu mencegah munculnya calo dalam transaksi pengurusan pasport.

“Pada versi dua yang menjadi pembeda dengan versi sebelumnya yaitu, orang hanya mampu mendaftar menggunakan satu handphone saja, sehingga ketika ada oknum yang ingin menjadi calo, otomatis dia harus menggunakan handphone yang berbeda untuk mendaftarkan akun yang berbeda,” pungkasnya.

Tambahnya lagi, aplikasi tersebut mengacu pada International Mobile Equipment Identity (IMEI), dimana tiap IMEI yang tertera pada handphone berbeda-beda, sehingga kecil kemungkinan adanya calo.

Reporter: Gery
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button