Metro Kendari

BMKG: Warga Sultra Waspadai Potensi Gempa

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Potensi gempa bumi mengintai daerah utamanya wilayah yang terletak di garis patahan rawan gempa, seperti Sulawesi Tenggara.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), meminta warga tetap waspada terhadap potensi terjadinya gempa di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Potensi gempa bumi di wilayah Sulawesi Tenggara dimungkinkan bisa terjadi, namun berdasarkan pantauan pihaknya, gempa berpotensi terjadi dalam skala kecil.

“Potensi gempa tetap ada hanya saja semoga tidak besar, karena sepengetahuan kami gempa itu semakin sering terjadi magnitudonya semakin kecil,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kendari Rudin, (23/1/2021).

Tambahnya, potensi gempa di Sulawesi Tenggara berskala kecil karena wilayah tersebut berada pada segmen sesar mendatar.

“Sultra berada pada segmen sesar mendatar, tidak seperti di wilayah Sulawesi Barat yang berada di segmen sesar besar, ketika gempa frekuensinya juga besar,” ujarnya.

Meskipun demikian, ia tetap mengimbau masyarakat tetap waspada dengan kondisi saat ini, mengingat gejala alam belum dapat diprediksi secara pasti karena setiap saat dapat berubah.

Guna mendeteksi dini pergerakan sesar bumi tersebut, BMKG Stasiun Geofisika Kendari telah memasang sembilan alat pendeteksi dini gempa di sejumlah daerah di Sulawesi Tenggara.

Masing-masing di Kabupaten Kolaka ada dua alat, kemudian Kolaka Utara, Konawe, Konawe Utara, Wakatobi dan Kota baubau masing-masing satu alat pendeteksi dini gempa.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button