Metro Kendari

BKSDA Sultra Lepasliarkan Monyet Buton Hasil Translokasi dari Papua ke Habitatnya

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan koordinasi dengan Kepala KPLP Baubau dan Kepala Satker Karantina Pertanian dalam rangka translokasi monyet Buton (Macaca ochreata brunnescens).

Monyet tersebut saat ini dalam perjalanan dari pelabuhan Samabusa Nabire Papua menuju Sultra.

Kepala BKSDA Sultra, melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Prihanto mengatakan, monyet yang merupakan endemik Sultra ini, diantarkan kembali pulang kehabitatnya ke Pulau Buton didampingi petugas dari BKSDA Papua.

Sebelumnya dikabarkan oleh Balai Besar KSDA Papua bahwa monyet Buton berkeliaran di kampung Nifasi Distrik Makimi Kabupaten Nabire yang berbatasan langsung dengan Cagar Alam Tanjung Wiay.

Pengiriman satwa tersebut melalui Kapal Pelni Gunung Dempo dan setibanya di pelabuhan Murhum Baubau langsung diserahterimakan ke petugas BKSDA Sultra disaksikan Kanit Intel dan Anggota Polsek KP3 Baubau serta Karantina Pertanian.

Kemudian petugas BKSDA Sultra mengamankan satwa monyet Buton tersebut ke kantor Seksi KSDA dan melakukan pengecekan kondisi satwa dan perawatan sementara.

Selanjutnya pada petugas BKSDA Sultra dipimpin Kepala Resort KSDA Baubau Alisman, melepasliarkan monyet Buton tersebut di habitatnya di Kawasan Suaka Margasatwa Lambusango, Kabupaten Buton. (bds*)

 

Reporter: Betyrudin
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button