Metro Kendari

BKSDA Sultra Lepas Liarkan Dua Ekor Buaya di Konsel

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM РBalai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penangkapan dan pelepasliaran buaya di Desa Lalonggombu, Kecamata  Lainea, Konawe Selatan (Konsel). Penangkapan pertama oleh warga pada Jumat (30/12/2022), kemudian dilepas liarkan oleh tim rescue BKSDA Sultra pada Sabtu (31/12/2022).

Kepala BKSDA Sultra, Sakrianto Djawie, menjelaskan, dari hasil penangkapan sebenarnya ada empat ekor buaya. Namun kondisi satwa dua ekor buaya sudah lemah sehingga mengalami kematian.

“Ada empat buaya yang ditangkap namun dilepasliarkan tersisa dua ekor buaya jantan,” terang Sakrianto saat ditemui ruang¬† kerjanya, Senin (2/01/2023).

BKSDA Sultra Lepas Liarkan Dua Ekor Buaya di Konsel
Kepala BKSDA Sultra, Sakrianto Djawie (tengah). Foto: Betyrudin/Detiksultra.com

Dari informasi warga setempat bahwa warga Desa Lalonggombu melakukan penangkapan bersama. Pasalnya buaya tersebut sudah banyak memakan korban khususnya di tahun 2021.

“Dengan adanya korban, warga berinisiatif melakukan penangkapan, olehnya itu BKSDA Sultra menghimbau warga agar lebih berhati-hati dalam beraktifitas,” sebutnya.

Sakrianto juga menambahkan, khususnya di daerah habitat buaya, pihaknya telah memasang papan informasi dan sosialisiasi pada desa yang dominan terjadi konflik, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Untuk diketahui, pelepas liaran buaya tersebut disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Konsel, Kapolres Konsel, Camat Lainea, Kapolsek Lainea, kepala desa dan warga Desa Lalonggombu yang bertempat di Taman Nasional Rawa Aopa Watumahai. (bds)

Reporter: Betyrudin
Editor: Wulan

lowongan kerja detiksultra

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button