Metro Kendari

BKSDA Sultra Bantu Sosialisasikan PPDB SMK Kehutanan Makassar

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) membantu menyosialisasikan penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMK Kehutanan Negeri Makassar tahun 2021, di aula kantor BKSDA Sultra, Senin (15/3/2021).

BKSDA Sultra, sebagai Koordinator Wilayah Unit Pelaksana Teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menerima kunjungan tim sosialisasi dari SMK Kehutanan Negeri Makassar dan memfasilitasi tim dalam kegiatan sosialisasi PPDB tahun 2021 SMK Kehutanan Negeri Makassar.

Kegiatan sosialisasi pada hari pertama dihadiri dari staf Balai KSDA Sultra (penyuluh kehutanan, PEH, polhut, dan penyuluh pendamping (masyarakat) lingkup Balai KSDA Sultra), BPKH Wil.XXII Kendari dan Dinas Kehutanan Sultra serta siswa-siswi praktek SMK Kehutanan Negeri Makassar tiga orang.

Kepala Balai KSDA Sultra Sakrianto Djawie menyambut baik kegiatan sosialisasi penerimaan siswa baru SMK Kehutanan untuk calon-calon rimbawan muda sebagai ujung tombak di lapangan.

“Kami akan membantu menyebarkan informasi ini sampai ke tingkat masyarakat sekitar kawasan hutan melalui petugas-petugas kami seperti kepala resort beserta anggota, penyuluh, polhut, pengendali ekosistem hutan,” ujarnya.

Selain itu, di lingkup Balai KSDA Sultra terdapat beberapa kelompok tani hutan (KTH) di desa-desa penyangga dan jumlah desa penyangga kawasan konservasi saat ini ± 185 (seratus delapan puluh lima) desa/kelurahan yang tersebar di sekitar 12 kawasan konservasi yang dikelola Balai KSDA Sultra.

Pada hari kedua, Selasa 16 Maret 2021 Balai KSDA Sultra mendampingi tim sosialisasi penerimaan siswa baru 2021 dari SMK Kehutanan Negeri Makassar mengunjungi KTH Sumber Sari di Desa Sumber Sari Kecamatan Moramo, Kabulaten Konawe Selatan memberikan informasi penerimaan siswa baru SMK Kehutanan kepada masyarakat kelompok tani tersebut.

“Alhamdulillah masyarakat menyambut baik dan antusias sekaligus tim menyemarakkan Hari Bhakti Rimbawan ke-38 di tengah pandemi Covid-19 dengan bersih-bersih area di air terjun Moramo kawasan Suaka Margasatwa Tanjung Peropa,” ujarnya.

Selanjutnya sosialisasi ini ditindaklanjuti dengan pengumpulan data terbaru kawasan hutan seperti sebaran KPH dan KTH di Sultra.

Perwakilan Tim Sosialisasi dari SMK Kehutanan Negeri Makassar Dian Pristia, mengawali kegiatan sosialisasinya, meminta dukungan Kepala Balai KSDA Sultra sebagai Koordinator Wilayah UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait pembangunan sumber daya manusia kehutanan, khususnya calon-calon rimbawan.

Selain itu, pihaknya menjelaskan maksud diadakannya penerimaan peserta didik baru untuk bersinergi membangun kawasan hutan dan SMK Kehutanan Negeri Makassar mendorong calon-calon rimbawan muda untuk menimba ilmu kehutanan agar kelak mereka membangun kawasan hutan di sekitarnya.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan dukungan pihak BKSDA Sultra dan Dinas Kehutanan Provinsi Sultra atas rangkaian kegiatan ini,” ucapnya.

Dalam hal ini pun SMK Kehutanan memberi kemudahan dalam persyaratan untuk mengikuti seleksi masuk dengan dibukanya dua jalur (jalur umum/reguler dan jalur khusus atau kawasan hutan).

PPDB Tahun 2021 ini, pihak SMK Kehutanan Negeri Makassar membuka diri melanjutkan sosialisasi dalam bentuk daring melalui zoom jika dibutuhkan.

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button