Categories: Metro Kendari

Beresi Sampah, DLHK Kendari: Bukan Hanya Tugas Pemerintah Tapi Juga Warga

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) mengungkapkan bahwa penanganan sampah bukan hanya pemerintah saja melainkan warga mesti bekerjasama untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Kepala Bidang Persampahan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, pihaknya selalu melakukan pengangkutan sampah di setiap tempat pembuangan sampah (TPS) di Kendari. Terdapat tiga tempat di Kelurahan Mandonga yang selalu menjadi langganan sampah menumpuk yakni SD Mandonga, Kantor Pos, serta bagian pertokoan.

“Jika ingin lihat TPS tersebut bersih, agak susah karena masyarakat tidak tertib serta tidak tepat waktu membuang sampah, kami tiga kali mengungkut sampah di TPS itu, pertama pada pagi hari lalu siang dan terakhir sore hari, akan tetapi sampah di tempat itu selalu ada,” ujar Adi Jaya Purnama di kantornya, Selasa (1/3/2022).

Dia mengatakan, bagi masyarakat yang kurang terbit membuang sampah yakni selalu lewat waktunya, disarankan agar tahan terlebih dahulu dirumah masing-masing, dengan begitu maka tentunya tidak adanya penumpukan ataupun sampah berserakan di luar TPS serta menjadikan lingkungan lebih bersih.

“Apabila masyarakat menerapkan hal itu, maka tentunya akan tercipta lingkungan yang bersih dan bebas sampah,” ucapnya.

Dirinya tak menyerah untuk terus menyampaikan kepada masyarakat untuk selalu tertib membuang sampah.

 

Reporter: Zubair
Editor: Via

Komentar