Metro Kendari

Berantas DBD, Pemerintah Gandeng Perguruan Tinggi se-Kota Kendari

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Kendari menggandeng sejumlah perguruan tinggi untuk bersama-sama melakukan pencegahan dan mengatasi munculnya serta berkembangnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui kegiatan pemasangan 10.000 ovitrap/larvitrap.

Inisiator pemasangan 10.000 ovitrap/larvitrap, Asrun Salam, mengatakan, untuk pelaksaan pemasangan ovitrap dan larvitrap ini pihaknya baru melakukan rapat koordinasi antara KKP Kelas II Kendari, Dinas Kesehatan Kota Kendari, dan beberapa perguruan tinggi yang di antaranya adalah Poltekkes Kemenkes Kendari, Stikes Karya Kesehatan, Stikes Mandala Wayula, serta Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Kedokteran UHO.

Dalam rapat koordinasi tersebut, kata dia, pihaknya sudah menyusun berbagai persiapan, yaitu pembagian lokasi setiap kecamatan dan kelurahan, teknik pemasangannya ovitrap dan larvitrap, dan membentuk tim terpadu yang siap turun ke masyarakat untuk mensosialisasikan di setiap kecamatan dan kelurahan dalam rangka pemasangan ovitrap dan larvitrap di lingkungan atau titik yang sudah dipetakan di seluruh wilayah Kota Kendari.

[artikel number=3 tag=”dbd,kendari,” ]

“Persiapan kami sudah tuntas, tinggal kami menunggu kabar dari Menteri Kesehatan, karena rencananya Menteri Kesehatan yang akan launching pemasanan 10.000 ovitrap/larvitrap ini, kalau pun beliau tidak bisa, maka Bapak Wali Kota Kendari saja. Yang jelas dalam waktu dekat ini kita akan laksanakan,” katanya saat rapat koordinasi di Aula Rapat Poltekkes Kemenkes Kendari, Selasa (19/3/2019).

Selain itu, Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari, Askrening, mengungkapkan, untuk mensukseskan kegiatan pemasangan ovitrap dan larvitrap ini pihaknya akan melibatkan ratusan mahasiswanya dari Jurusan Analisis Kesehatan, Perawatan dan Kebidanan.

Mahasiswa kami nanti yang akan ikut turun langsung di masyarakat untuk pembuatan wadah dan melakukan pemasangan ovitrap dan larvitrap,” ungkapnya.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button