Categories: Metro Kendari

Basarnas Kendari Lakukan Pencarian Korban Jatuh dari Kapal

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Badan Nasional Pencarian dan Penyelamatan (Basarnas) Kendari melakukan pencarian terhadap 1 orang korban yang terjatuh dari kapal KM Akbar Jaya.

Pencarian tersebut dilakukan setelah Basarnas menerima informasi dari KKP Ambon yang menginformasikan tentang kecelakaan kapal MOB (man over board) satu orang nelayan yang terjatuh dari kapal di sekitar perairan laut Banda saat melakukan perjalanan dari Fak-fak menuju Takalar. Posisi terakhir berada di arah timur Pulau Wanci sekitar 58 mil laut.

“Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 15.50 Wita, anggota Pos SAR Wakatobi berkoordinasi dengan pihak KUPP Wanci untuk memapelkan informasi tersebut ke kapal-kapal yang melintas di sekitaran LKP dan merencanakan pergerakan tim SAR gabungan keesokan harinya,” ungkap Kepala Basarnas Kendari, Muhammad Arafah saat dihubungi, Senin (2/10/2023).

Diketahui korban yaitu Hamza (30), pria warga Desa Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Pada Minggu (1/10/2023), pukul 06.30 Wita tim SAR Gabungan melaksanakan pencarian menggunakan RIB dengan luas area penyisiran 85 mil laut. Hingga memasuki pukul 17.30 hasil pencarian yang dilakukan oleh tim SAR gabungan nihil.

“Hingga saat ini tim masih melakukan pencarian di sekitar area kejadian. Dengan kondisi kecepatan angin 7 hingga 24 knots, arah angin Tenggara – Utara dan tinggi gelombang mencapai 0,75 hingga 2 meter,” tegas dia.

Unsur yang terlibat dalam pencarian ini di antaranya Pos SAR Wakatobi, KUPP Wanci, Pos TNI AL Wanci, Polairud Polres Wakatobi dan nelayan sekitar. (bds)

Reporter: Geraldy Rakasiwi
Editor: Biyan

Komentar