iklan
Metro Kendari

Asesmen Nasional Berbasis Komputer Dikmudora Tingkatkan Mutu Pendidikan di Kendari

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM –  Tingkatkan mutu pendidikan Kota Kendari, Pemerintah melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendaro baru saja melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikmudora Kendari, Arnaldo mengungkapkan, pelaksanaan ANBK tingkat SD dan SMP merupakan sebuah program evaluasi. Guna meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan di Kendari.

“ANBK ini hadir menggantikan Ujian Nasional (UN) dengan melakukan berbagai penyempurnaan. Di mana di dalamnya ada aspek kognitif, nonkognitif serta penggunaan teknologi dalam satuan instrumen ukurnya,” ungkapnya, Selasa (8/11/2022).

Arnolda berharap, ANBK ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kendari.
Ia menambahkan, ANBK digunakan untuk mengambil informasi mengenai mutu di satuan pendidikan. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Berbeda dengan ujian nasional lanjutnya, ANBK tidak menentukan kelulusan. Karena, hasil ANBK tidaklah memuat nilai peserta didik secara individual. Proses ini dilakukan murni untuk mengukur mutu pendidikan, yang nantinya akan dijadikan sebagai dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran.

“Untuk tingkat kota, ANBK hanya diikuti siswa kelas V untuk Sekolah Dasar (SD), dan siswa Kelas VIII untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan dipilih secara acak oleh pihak kementerian,” pungkasnya. (bds)

Reporter: Septi Syam
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button