Metro Kendari

Antisipasi Mudik Lebaran, KSOP Kendari Cek Kapal di Pelabuhan Nusantara

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IIA Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pengecekan kapal yang ada di Pelabuhan Nusantara Kendari pada Selasa (5/4/2022).

Kepala KSOP Kelas IIA Kendari Agus Winarto menjelaskan, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya temuan-temuan yang tidak diinginkan seperti alat keselamatan, masalah sekocinya.

“Intinya seluruh aspek keselamatan dalam kapal kami cek semuanya. Supaya ada waktu perbaikan, apabila ada kerusakan atau temuan saat berlayar bisa berakibat fatal,” ujar Agus.

Selain itu, ia juga telah meminta kepada operator kapal untuk menyiapkan kapal-kapal cadangan jelang mudik nanti karena ini menjadi tanggung jawab bersama untuk aspek kelancaran, keselamatan, keamanan, dan ketertiban.

“Karena masyarakat ini sudah lebih dua tahun tidak balik kampung (mudik), mungkin mudik tahun ini diperkirakan akan sangat padat,” kata Agus lagi.

Dilanjutkannya, sebanyak 27 kapal saat ini belum beroperasi dan masih dalam perbaikan. Sedangkan yang beroperasi ada 8 unit kapal. Selain itu ia juga meminta kepada operator kapal untuk menyiapkan cadangan nanti jika arus penumpang membludak dan aspek keselamatan tetap nomor satu.

Tak lupa juga ia mengimbau kepada masyarakat yang mudik harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan juga sudah melalukan vaksin dosis satu dan dua dan juga sudah melakukan antigen. (bds*)

 

Reporter: Erik Lerihardika
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button