Metro Kendari

Ali Mochtar Ngabalin Yakin Kendari Bakal Jadi Baromoter Daerah Lain di Tangan AJP

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Aksan Jaya Putra (AJP), salah satu bakal Calon Wali Kota (Cawali) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mendapat dukungan dari berbagai elemen dan tokoh masyarakat. Terbaru, AJP didukung oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), ALi Mochtar Ngabalin maju di pemilihan Wali Kota Kendari 2024. Ali Mochtar Ngabalin mengungkapkan hal ini saat bertemu dengan AJP di Kota Kendari, Sabtu (15/7/2023) kemarin.

Menurutnya, Kota Kendari memiliki keunikan dan kekhasan sebagai kota yang berada di tengah-tengah teluk. Selain itu, banyak potensi besar yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Olehnya itu, ia mengajak AJP untuk membangun dan menata Kota Kendari ke depan lebih baik agar bisa menjadi baromater kota-kota yang ada di Indonesia Timur.

“Mari saat kita duduk sebagai wali kota, insyaallah kita tata kota ini menjadi barometer kota-kota yang ada di wilayah Indonesia Timur. Tidak ada kota di Indonesia yang model teluknya seperti di Prancis kecuali Kota Kendari,” ucapnya.

Lebih lanjut Doktor dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini menekankan dua kata kunci utama yang mesti dimiliki kepala daerah dalam memimpin daerahnya yaitu sikap proaktif dan akses komunikasi.

“Kepala daerah, apa itu Gubernur, bupati atau wali kota harus proaktif dan membangun akses komunikasi yang baik. Kalau cuma menunggu seperti orang mancing ikan dari pagi sampai sore, bagaimana?,” ujarnya.

Sementara itu, AJP mengungkapkan bahwa Kota Kendari diapit oleh beberapa daerah penghasil tambang. Investasi ke daerah tersebut harus memiliki dampak ekonomi positif pada Kota Kendari.

“Investasi ratusan triliun yang masuk ke daerah ini, tapi kalau kota Kendari tidak dapat apa-apa yah bagaimana itu? Paling tidak dana masuk bank lokal juga seperti bank Sultra, sehingga imbas investasi terasa dalam perputaran ekonomi daerah ini,” pungkasnya. (bds)

Reporter: Sunarto
Editor: Wulan

lowongan kerja detiksultra

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button