Metro Kendari

195 PPS di Kendari Resmi Dilantik, Pj Wali Kota: Jaga Integritas

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sebanyak 195 Panitia Pemungutan Suara (PPS) lingkup Kota Kendari resmi dilantik di Kantor KPU Kota Kendari, Selasa (24/1/2023).

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu meminta kepada penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, termasuk PPS dan PPK untuk menjaga integritas, kompetensi dan memiliki pengetahuan yang memadai terkait pemilu maupun pilkada.

“Menjadi penyelenggara pemilu jelas harus memiliki pengetahuan yang memadai, berintegritas, paling penting netral,” ungkapnya usai pelantikan PPS.

Dia mengingatkan, pemilu jangan hanya dimaknai sebagai hal yang prosedural berdasarkan tahapan, tetapi juga terkait dengan substansi. Sehingga bagi seluruh penyelenggara baik PPS dan PPK harus lebih memahami dan belajar lagi terkait ketentuan perundang-undangan tentang pemilu.

“Karena perlu diingat ada tiga aspek pelanggaran yang menjadi penekanan, pertama pelanggaran secara administratif, pidana dan kode etik. Ketiga pelanggaran itu harus dihindari,” imbau Asmawa.

Dia berharap pada 2024 mendatang dapat terselenggara pemilu yang jujur, adil, terbuka, bebas rahasia, dan berintegritas.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh menuturkan, jumlah PPS yang dilantik ialah 195 orang. Jumlah tersebut sesuai dengan ketentuan yakni tiga orang setiap kelurahan atau desa. Kendari sendiri memiliki 65 kelurahan.

“Pekerjaan awal mereka, sesuai tahapan pasca dilantik ialah perekrutan terhadap petugas pemutahiran data pemilih yang berjumlah 971, jika berdasar Pemilu yang lalu. Namun karena berdasarkan pemetaan jumlahnya bertambah sekitar 1.055 TPS,” katanya mengakhiri. (bds)

 

Reporter: Septiana Syam
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button