Hukum

Aksi Monumental 212 Terjadi di Kendari

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Aksi 212 yang dikenal sebagai aksi monumental bagi rakyat Indonesia yang sudah dilakukan tiga tahun takhir ini setiap tanggal 2 Desember, seolah juga terjadi di Kota Kendari melalui Aksi Solidaritas Bela Ulama dan Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Aliansi Muslim Sultra, Jumat (25/10/2019).

Aksi damai yang diikuti ribuan masyarakat Sultra dari berbagai ormas Islam, pondok pesantren, komunitas dan lembaga mahasiswa dan kepemudaan ini dilakukan dengan long march atau berjalan kaki dari Stadion Lakidende menuju Kantor DPRD Provinsi Sultra untuk menyampaikan aspirasi dalam rangka membela ulama dan mahasiswa yang belakangan ini dikriminalisasi.

Salah satu peserta Aksi Aliansi Muslim Sultra, Sarah Ummu Qadhim mengaku, aksi Solidaritas Bela Ulama dan Mahasiswa ini suasananya seperti yang terjadi di aksi 212 di Jakarta. Pasalnya, aksi 212 yang dilakukan secara damai, teratur yang bahkan ada juga petugas kebersihan yang memungut sampah-sampah sepanjang aksi berlangsung dan sejumlah orang yang membagikan makanan dan minuman secara gratis untuk peserta aksi ternyata juga terdapat di aksi yang diselenggarakan oleh Aliansi Muslim Sultra ini.

[artikel number=3 tag=”aksi,kendari”]

“Aksi ini seperti aksi 212, karena ada orang-orang yang menginfakkan sebagian hartanya dalam bentuk makanan dan minuman untuk diberikan kepada peserta aksi tadi. Seakan mereka berlomba-lomba untuk berkontribusi dan mendapatkan pahala. Kita hanya berdoa, semoga orang-orang yang menginfaqkan hartanya di jalan Allah ini dimudahkan rezekinya,” katanya kepada detiksultra.com.

Suasana saat pembagian makanan dan minuman secara gratis kepada peserta aksi. Foto: Istimewa

Selain itu, salah satu donatur aksi dari Khalifah Care, Sitti Husnawati mengungkapkan, pada kesempatan aksi ini pihaknya mengambil peran dengan membagi-bagikan sekitar 200 dos kue dan air mineral kepada para peserta aksi. Hal tersebut dilakukan untuk mengambil bagian dalam barisan pembela agama, membela ulama dan para aktivis Islam dari kalangan mahasiswa yang dicampakkan atau digantung oleh rezim hari ini.

“Dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah, kami dari khalifah care memberikan kontribusi bantuan makanan dan minuman untuk peserta aksi. Semoga Allah segera menurunkan pertolongan kepada kita semua,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sultra, Muhammad Endang memberikan apresiasi kepada para peserta aksi Aliansi Muslim Sultra karena aksi yang diselenggarakannya ini meskipun diikuti ribuan orang tapi dapat berlangsung damai dan menunjukkan akhlak yang baik.

“Tercermin dari peserta aksi yang memiliki akhlak yang baik, maka kami berikan apresiasi kepada Aliansi Muslim Sultra karena menunjukkan bahwa Islam itu cinta damai, karena tujuan utamanya adalah rahmatan lil alamin (rahmat bagi seluruh alam),” jelasnya.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button