HeadlineMetro KendariPolitik

Pengurus Berganti Tanpa Konfirmasi, DPC Hanura Kubu Muhammad Yahya Tarik Dokumen di KPU

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Hanura Kota Kendari, kubu Muhamad Yahya mendatangi kantor KPUD Kota Kendari pada senin (29/1/2018). Kehadiran mereka di tempat ini untuk menyampaikan keberatan, dan menarik dokumen keanggotaan Partai Hanura di Kota Kendari.
Menurut Muhamad Yahya, upaya itu dilakukan sebagai bentuk protes, atas adanya pergantian ketua dan kepengurusan DPC Partai Hanura Kota Kendari, yang telah dituangkan dalam sistem informasi partai politik (SIPOL) KPU. Dimana Ketua DPC Partai Hanura Kota Kendari saat ini dijabat  Johny J. David, sekertaris Sudaryono Rivai dan bendahara Megawati. Hal itu berdasarkan surat keputusan Hanura yang ditandatangani Ketua Umum Oesman Sapta Odang.
“Pergantian ketua dan pengurus partai politik merupakan hal biasa jika itu dilakukan sesuai dengan prosedur. Namum pergantian dirinya dinilai tidak sesuai dengan prosedur. Bahkan ketua yang ada saat ini dinilai tidak terdaftar dalam SIPOL KPU. Kami meminta untuk menarik dokumen keanggotaan yang pernah dimasukan di KPU,” tegas Muhammad Yahya.
Menyikpai hal itu, Ketua KPUD Kota Kendari, Ade Suerani secara tegas menyampaikan, dokumen keanggotaan partai politik yang telah dimasukan di KPU tidak dapat ditarik kembali oleh individu maupun kelompok tertentu. Karena sesuai ketentuan yang berlaku, setelah partai politik menyerahkan dokumen keanggotaan maka dokumen tersebut sudah menjadi dokumen KPU.
“KPU Kota Kendari komitmen akan tetap melakukan verifikasi partai politik sesuai dengan tahapan. Terkait dengan konflik internal Partai Hanura diserahkan sepenuhnya kepada partai tersebut untuk diselesaikan,” pungkas Ade Suerani.
Reporter: Fadli Aksar
Editor: Ann

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button