Headline

Pedagang Pasar Andonohu Bakal Direlokasi

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pasar Andonohu dinyatakan over kapasitas. Total pedagang di Pasar Andonohu saat ini, terdata kurang lebih 600 pedagang.

Olehnya itu, Direktur Perusahan Daerah (PD) Pasar Kota Kendari, Asnar, bakal segera merelokasi ratusan pedagang ke lokasi lain, mayoritas adalah pedagang sayur dan buah.

Asnar menyebutkan, relokasi pedagang Pasar Andonohu tidak seluruhnya, tapi hanya dikhususkan bagi pedagang yang berjualan di luar pasar yang menempati area pinggir Jalan Kedondong.

[artikel number=3 tag=”pedagang,pasar”]

Sasaran pemindahan juga pedagang yang berjualan di area parkir Pasar Andonohu, termasuk jalur lalu lintas sekitar masjid (depan Pasar Andonohu).

“Yah sudah over kapasitas, dan PD Pasar sudah mempresentasekan ke pemkot soal usulan relokasi, dan ternyata disahuti. Jumlahnya sekitar 100 pedagang,” ujar Asnar saat ditemui di ruang kerjanya, (8/8/2019).

Asnar menambahkan, usulan penempatan pedagang yang direlokasi nanti belum difinalkan, tapi PD Pasar merencakan lokasinya tak jauh dari pasar saat ini.

“Final lokasinya akan ditentukan oleh Pemkot Kendari,” tambahnya.

Diketahui, kapasitas ideal di Pasar Andonohu berdasarkan layout perencanaan pasar hanya menampung sekitar 324 pedagang, dengan rincian jumlah pedagang kios 205 dan pedagang lods 119.

Namun, seiring permintaan lods pasar meningkat, jumlah pedagang kemudian membengkak sampai 445 pedagang. Jumlah ini terdata legal.

Reporter: Musdar
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button