HeadlineMetro Kendari

Museum Kecurian, Ratusan Koleksi Raib

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pencuri berhasil membawa barang berharga bernilai sejarah milik Museum Taman Budaya Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dari pantau media, ada beberapa ruangan yang dibobol pencuri, diantaranya ruang Storage dengan dua pintu, ruang penelitian koleksi, ruang transit koleksi dan beberapa ruang lainnya.

Anggota Polsek Baruga telah mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan telah memasang police line (Garis Polisi) dan Polisi masih mendalami motif dan pelaku pencurian.

Hal ini juga telah dibenarkan Kepala Museum Sultra, Dodi Syahrul Syah, dengan mengungkapkan, ada beberapa barang-barang museum bersejarah yang berhasil diambil olehleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dari barang berharga, pihaknya menafsirkan kemungkinan barang berharga yang berhasil diambil ada sekitaran ratusan seperti aksesoris pakaian pengantin, logam, keramik yang bernilai sejarah, Kris aksesoris, piring, cerek, perlengkapan adat dan masih banyak lagi.

“Namun untuk masalah jumlah keseluruhan yang hilang, nanti setelah pihak kepolisian melakukan tindakan kami akan memverifikasi semua. Tapi untuk data-data yang hilang ini sudah lengkap datanya jadi gampang kita mengetahui barang-barang apa saja yang hilang,” ungkapanya saat ditemui di Museum Sultra, Rabu (27/1/2021).

Dengan begitu, ia meminta kepada masyarakat Apabila ada yang menawarkan benda bersejarah itu agar kiranya segera melapor ke pihak kepolisian.

Sementara dalam pengamanan, pihaknya mengakui kurang melakukan tindakan. Dalam hal tidak ada tenaga pengamanan, tidak ada alat CCTV yang tersedia.

“Kalau pengamanan saya mengakui nya memang kurang dan terbatas,” pungkasnya.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button