HeadlineMetro Kendari

50 Peserta Ikut Pelatihan Potensi SAR di Wilayah Sultra

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA. COM – Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Kendari melaksanakan kegiatan pelatihan pertolongan di permukaan air bagi potensi SAR untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam setiap pelaksanaan operasi SAR yang profesional, efektif, dan efisien di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sebanyak 50 orang peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari unsur TNI Polri, instansi pemerintah, swasta, organisasi kemasyarakatan serta dari mahasiswa.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 15 hingga 18 Maret 2021. Pembukaan dilaksanakan di Swissbel Hotel Kendari dan pelaksanaan kegiatan di Pantai Wisata Toronipa, Kabupaten Konawe.

Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dan Danlanud Haluoleo, Wakil Ketua DPRD Kota Kendari, Kepala Stamar Kendari, Wadanlanal Kendari, Plt Kadis Sosial Kendari serta perwakilan dari Kapolres Kendari dan Dandim Kendari.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini menjadi bagian dari upaya pencegahan di bidang pencarian dan pertolongan, dengan sasaran para potensi SAR. Kegiatan ini juga menjadi langkah awal basarnas dalam membangun budaya SAR.

Tujuan kegiatan ini sendiri, lanjut Aris untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertolongan di atas permukaan air, serta meningkatkan kemampuan masyarakat yang berpotensi melakukan pencarian dan pertolongan dalam melaksanakan evakuasi.

“Kegiatan kita ini sekaligus menjalin sinergi dan soliditas antara kantor pencarian dan pertolongan Kendari dengan potensi SAR yang berada di wilayah Sultra,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota kendari Sulkarnain Kadir berpesan kepada seluruh peserta untuk tetap menjalani protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Pencarian dan pertolongan adalah bagian dari budaya hidup di lingkungan kita masing-masing sehingga kita dapat menjadi bangsa yg kuat dan siap menghadapi apapun jenis musibah yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita di masa yang akan datang,” tutupnya.

Reporter: Erik Lerihardika
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button