Ekobis

Pro Kontra Peresmian Pabrik Mobil Esemka

PLAY

KENDARI,DETIKSULTRA.COM – Kontroversi dikalangan masyarakat perihal kebijakan-kebijakan Presiden RI, Joko Widodo selalu menimbulkan komentar positif maupun negatif bagi masyarakat, hal itu kembali terlihat dengan salah satu postingan presiden Jokowi dalam akun instagramnya saat meresmikan pabrik mobil Esemka.

Dibawah naungan PT Solo Manufaktur, pabrik mobil Esemka diresmikannya di daerah Boyolali, Jumat(6/9/2019). Dikutip dari statement akun instagramnya Jokowi menjelaskan bahwa, mobil esemka adalah mobil swasta.

“Kendati esemka bukan mobil nasional, akan tetapi sebagai produk dalam negeri tentu kehadirannya akan memberikan efek penting bagi pergerakan ekonomi,” jelasnya.

[artikel number=3 tag=”mobil esemka,jokowi”]

Hal tersebutpun kembali ditegaskan oleh Direktur Utama PT. Solo Manufaktur, Eddy Wirajaya, bahwa terkait mobil Esemka bukan merupakan mobil nasional akan tetapi merupakan mobil lokal yang dirakit oleh anak-anak bangsa.

“Terkait sparepart yang ada pada mobil Esemka sudah 62% lokal, yaitu body secara keseluruhan,” ungkapnya.

Hal inipun justru menuai sentilan dari Fadli Zon. Dikutip dari CNN Indonesia, ia mengatakan bahwa Esemka yang pabriknya baru diresmikan hari ini tidak berkaitan dengan Esemka yang dulu pernah digaungkan oleh Jokowi.

“Harus terbukalah, transparan. Tapi saya kira kejujuran bahwa itu bukan mobil nasional itu menandakan bahwa ini bukan komponen nasional yang mayoritas, siapa tahu ini mobil dari China sana dibikin di Indonesia, dirakit. Kalau begitu semua orang juga bisa,” tuturnya.

Reporter : Gery
Editor : Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button