Ekobis

Mengintip Kecanggihan Wuling Almaz dengan Fitur IoV

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sejak pertama kali mengaspal di Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui dealer Wuling Kumala, Almaz RS berhasil merebut hati masyarakat di Bumi Anoa itu.

Fitur-fitur canggihnya membuat konsumen terpikat, bahkan terkagum-kagum. Salah satunya fitur Internet of Vehicle (IoV).

Sebelum membahas IoV dari Wuling, belum hilang dari ingatan saat mereka mengenalkan teknologi perintah suara berbasis kecerdasan buatan yakni Wuling Indonesian Command (WIND) pada kendaraan Almaz.

Melalui WIND, pengguna bisa mengatur fungsi mobil menggunakan perintah suara, misalnya menghidupkan audio, membuka aplikasi, mengatur AC, membuka jendela, dan lain sebagainya.

Kini, melalui Almaz RS, Wuling mengenalkan teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) sebagai pembaruan teknologi setelah WIND.

WISE dipisah dalam dua fitur, yakni IoV dan Advanced Driver Assistant System (ADAS).

Fitur IoV simplenya memberikan kendali dalam genggaman pengguna dengan adanya koneksi smartphone dengan Wuling Almaz.

Pengguna bisa mengendalikan mobil dengan sentuhan jari di smartphone. Ketika membeli Almaz RS, pengguna akan mendaftarkan smartphone yang akan dijadikan data sentral IoV.

Hanya smartphone terdaftar saja yang nantinya bisa mengakses mobil. Tapi, jika ingin meminjamkan kendaraan ke orang lain, pengguna bisa melakukan pengaturan pada pilihan ‘Manajemen Otorisasi Kunci’. Pastikan juga orang yang diberikan otorisasi akses kunci telah memiliki email akun My Wuling+ yang sudah diaktivasi.

Salah satu pengguna Almaz RS, Mada, menuturkan, ada beberapa fungsi utama pada IoV yang sangat membantu dirinya.

Pertama, vehicle positioning. “Kalau di mall kan parkirannya besar. Kadang suka bingung pas balik, mobil parkir di mana. Jadi terbantu dengan fitur ini,” ujarnya.

Dengan IoV juga, lewat fitur Vehicle Remote Control, pengguna bisa men-starter Almaz RS-nya dari jarak yang sangat jauh. Saat mesin menyala, AC dalam kabin pun juga akan menyala guna mendinginkannya dengan kondisi jendela dan pintu tetap terkunci.

Fitur kemanan mobil juga semakin canggih berkat fitur Geo Fencing Security.

Ketika Wuling Almaz RS melewati area Geo-Fencing Security yang telah ditetapkan oleh pengguna, sistem akan mengirimkan informasi kepada pemiliknya. Hal ini sangat berguna untuk mengamankan kembali mobil yang tercuri atau mengetahui apakah mobil masih di dalam area yang diizinkan pengguna saat dipinjamkan.

Senada juga disampaikan pengguna Almaz RS lainnya, Arby. “Dengan harga terjangkau, saya dapat mobil pintas dengan fitur-fitur seperti IoV dan ADAS, yang tidak ada di mobil lain,”

Almaz sebelumnya memiliki empat varian, mulai dari tipe exclusive 7 seater, exclusive 5 seater, smart enjoy CVT 7 seater, dan smart enjoy 6MT 7 seater. Adapun Almaz RS hadir dengan tampilan lebih gagah dengan segudang fitur canggih.

Sebagai penantang di pasar sport utility vehicle (SUV) yang sudah banyak dihuni model-model keren, Wuling Almaz menawarkan banyak keunggulan. Salah satu yang menarik, adalah dengan disematkannya fitur canggih, seperti head unit cerdas satu ini.

Selain itu, Head unit (HU) yang terdapat di Wuling Almaz ini, memiliki ukuran yang cukup besar, 10,4 inci dengan layar sentuh. Dilihat dari penampilannya, HU yang terpasang di model asal Cina ini mirip dengan yang terdapat di mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla.

Selain itu, terdapat juga fungsi standar, seperti radio, bluetooth, USB, dan AUX. HU ini juga memiliki fitur Wuling Link, yaitu menyambungkan smartphone ke HU dengan kabel, dan menghantarkan suara via sambungan bluetooth.

Dengan begitu, tampilan smartphone bisa dilihat di HU, dan mendukung aplikasi seperti Facebook, Line, Youtube, Google, Gmail, Instagram, Google Maps, Joox, Whatsapp, dan Spotify.

Nah, lebih canggih lagi, Wuling Almaz ini sudah tidak ada tombol pengaturan AC, dan dipindahkan ke HU untuk mengatur pendingin udara secara otomatis, suhu dan hembusan angin secara digital, menampilkan suhu udara di luar kendaraan, menyediakan pilihan arah hembusan angin, dan menutup atau membuka sirkulasi udara.

Sedangkan untuk pengaturan kendaraan, dalam HU canggih ini, bisa dilakukan pengaturan kaca jendela mobil, pengaturan kunci mobil, pengaturan lampu mobil, dan pengaturan lainnya, seperti posisi wiper saat hendak dibersihkan, dan mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi lipat kaca spion secara otomatis saat mobil dikunci.

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button