EkobisMetro Kendari

Jelang Lebaran Bandara Halu Oleo Perluas Area Publik

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pihak Bandara Halu Oleo siap memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang ingin bermudik lebaran menggunakan transportasi udara.  Untuk itu pihak bandara sudah mulai berbenah dari segi sarana dan prasarana.
“Kita sudah mulai membangun, dari tempat area publik kita lakukan perluasan didepan, sehingga para penumpang bisa leluasa yang belum masuk ke area terminal. Demikian juga kita buatkan tempat informasi yang jelas kemudian toilet dan mushola serta ATM centre dan customer service centre,” terang Kepala Bandara Haluoleo Rudi Richardo saat diwawancarai di Bandara Haluoleo, Jumat (8/6/2018).
Dikatakannya, di dalam ruang terminal terjadi perluasan. Sebelumnya area perkantoran kemudian di mundurkan. Begitu juga area counter cek in, ikut mundurkan sejauh 8 meter. 
“Kita sediakan juga untuk kenyamanan, ada tempat main anak-anak dan executive lounge baru. begitu juga perluasan di lantai 2 dan banyak lagi seperti pembenahan di terminal kargo,” terangnya.
Ia menjelaskan, seluruh pembenahan ini dimulai tahun 2017, kemudian dilanjutkan tahun 2018, dimana sisi darat yang diselesaikan yaitu pengaspalan dan sebagainya. Sementara tahun 2019, katanya,  lanjutan dari area terminal yg belum dikerjakan dan diharapkan 2019 sudah paripurna.
Sementar kendala yang masih ada, kata dia, yaitu pada saat mendarat dan saat akan terbang, utamanya ketika kabut tebal di pagi hari menyulitkan pesawat beroperasi. Untuk mengatasi itu,  mereka merencanakan memasang alat khusus. 
“kami akan pasang alat, namanya instrumen lending sistem. Sudah direncanakan 2018 ini bisa terpasang. Ketika ada ini seharusnya pilot membutuhkan jarak pandang 2500 meter, dengan alat ini biar jarak 800 meter saja itu pesawat bisa mendarat,” bebernya.
Ia menambahkan saat ini kepadatan penumpang mudik mulai meningkat. Puncak arus mudik akan terjadi minus dua dan tiga lebaran.
Reporter: Yusuf Maronta
Editor : Arlink

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button