Categories: Ekobis

Dibangun, Gedung BI Sultra Ramah Lingkungan

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA. COM-
Groundbreaking pembangunan gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara yang berlokasi di Jalan Haluoleo Kompleks Kantor Gubernur Sultra, dilakukan hari ini, Senin (4/2/2019).

Gubernur Bank Indonesia (BI) dalam sambutannya mengatakan, pembangunan gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Provinsi Sulawesi Tenggara ini untuk mewujudkan visi Bank Indonesia yang baru yaitu berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional dan daerah.

“Oleh karena itu kita tidak hanya membangun visi yang baru, strategi baru, organisasi yang baru, tetapi juga pengembangan SDM dan penguatan sarana dan prasarana sarana dimana sarana yang dibangun tidak terlepas dari visi BI yaitu berkontribusi nyata terhadap perekonomian,” ungkapnya.

[artikel number=3 tag=”pembangunan,gedung,BI,” ]

Ada empat ciri khas pembangunan gedung BI yaitu jika dilihat dari struktur bangunan, desain bangunan merepresentasikan citra Bank Indonesia sebagai Bank Sentral yang “kokoh, formal, berwibawa dan monumental”. Ciri yang kedua, gedung BI bersifat sinergis dengan pemerintah daerah dan masyarakat yang dapat dilihat dari fasad bangunan yang mencerminkan kearifan lokal Provinsi Sulawesi Tenggara dimana pembangunan gedung menggunakan motif kain tenun Tolaki. Ciri ketiga adalah konsep yang terbuka dan transparan, dan konsep yang keempat adalah ramah lingkungan, baik dari segi peralatan mekanikal elektrikal hemat energi maupun konservasi air dalam mendukung penghematan air demi ketersediaan sumber air di masa mendatang.

“Kami berharap adanya dukungan selama konstruksi ini dari Pemerintah Provinsi, Pak Wali Kota dan para kontraktor agar bisa menyelesaikan konstruksi ini tepat waktu dengan kualitas yang diandalkan dan bisa menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Tenggara,” tutupnya.

Reporter : M10
Editor : Rani

Komentar