Ekobis

Begini Tips Merawat Motor di Musim Hujan Versi Asmo Sulawesi Selatan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo-Sulsel) membagikan tips merawat motor saat musim hujan. Tujuannya agar motor tetap prima yang membuat pengendara nyaman dan aman.

Technical Service Manager Asmo Sulsel, Ignatius Nindyatama mengatakan, bahwa perawatan motor akan lebih ekstra di musim hujan. Hal itu karena air hujan yang mengandung zat asam tinggi berpotensi merusak suku cadang dan membasahi komponen pengapian.

Jika itu terjadi, motor akan mogok di jalan. Maka dari itu, pengendara harus merawat motor dengan lebih ekstra saat musim hujan. Ignatius pun membagikan beberapa tips untuk merawat motor tetap prima di musim hujan.

Tips pertama, kata Ignatius, cuci motor dengan rutin. Itu perlu dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang menempel sekaligus membasuh sisa-sisa air hujan di motor.

“Jangan beranggapan bahwa mencuci motor saat hujan itu sia-sia. Justru sebaliknya, saat musim hujan, motor harus sering dicuci agar kotoran dan sisa air hujan yang menempel tidak mengganggu performa motor,” ucapnya dalam rilis yang diterima Detiksultra.com, Sabtu (26/11/2022).

Tips ke dua, Ignatius menyarankan pengendara untuk rajin cek busi yang merupakan titik awal pengapian. Pengecekan menjadi krusial untuk memastikan busi tetap kering.

Genangan air di jalan berpotensi masuk ke bagian busi. Busi perlu dicek secara berkala, jangan sampai, busi kemasukan air. Hal tersebut bisa membuat motor mogok.

Tips ke tiga, pastikan permukaan dan tekanan angin ban baik saat musim hujan, kondisi jalan akan licin sehingga rentan terjadi kecelakaan. Jika permukaan ban sudah halus, harus segera diganti untuk menghindari kecelakaan karena terpeleset.

“Penting juga memastikan tekanan angin pada ban. Genangan air hujan membuat lubang di jalan tidak terlihat dan kita melewatinya. Jika tekanan angin pada ban tidak bagus, itu berpotensi menyebabkan kebocoran,” tuturnya.

Sedangkan tips ke empat adalah cek kondisi rantai. Menurut Ignatius, rantai menjadi komponen yang sering terkena cipratan air. Hal itu bisa membuat pelumas pada rantai hilang dan berkarat.

“Kita harus rutin membersihkan rantai motor. Jangan lupa, saat membersihkan, kita harus memberikan pelumas supaya rantai bisa berjalan optimal,” ucapnya

Tips terakhir, yakni periksa dan bersihkan kampas rem. Ignatius menjelaskan, rem motor kerap berdecit saat hujan karena basah. Selain itu, pasir-pasir pun bisa menempel di rem yang membuat rem tidak berjalan optimal.

Makanya penting untuk membersihkan rem. Agar suara berdecit hilang, saat pengendara menginjak pedal rem beberapa kali agar kampas rem kering dan terbebas dari pasir yang menempel.

“Merawat motor di musim hujan itu gampang-gampan susah. Namun, kita bisa menerapkan tips di atas supaya motor tetap prima dan kita pun bisa berkendara dengan aman dan nyaman,” tukasnya. (bds)

 

Reporter: Sunarto
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button