oleh

Ada ‘Duit’ di Balik Pemasangan Stiker Caleg di Petepete, Nominalnya Lumayan

-Politik-131 views

KENDARI, DERIKSULTRA.COM – Kaca belakang sejumlah angkutan umum (petepete) di Kendari, ditempeli atribut kampanye berupa stiker kaca film bergambar foto caleg. Stiker ini terlihat di kendaraan angkutan trayek Mandonga-Puwatu, yang setiap hari lalu lalang dan parkir di sekitar bundaran Mandonga Kota Kendari.

Gambar caleg asal PDIP, PKS, bahkan calon DPD RI, terlihat terpasang di angkutan jalur Mandonga-Puwatu. Jalur wilayah yang merupakan dapil 1 Kota Kendari di pilcaleg 2019.

Baca Juga: 1.000 Pelamar CPNS Kendari Tak Lolos Verifikasi

Udin, sopir salah satu petepete mengaku, memasang gambar caleg di kendarannya setelah ditawari oleh caleg.

“Kita pasang stiker kaca film dibayar Rp150 ribu sampai selesai pemilu. Tapi sopir lainnya ada juga dibayar per bulan sekitar Rp50 ribu s.d Rp60 ribu,” ujarnya Selasa (16/10/2018).

Ditambahkan Udin, pemasangan stiker kaca film tidak mengotori angkot, tapi sedikit mengganggu jarak pandangnya. Ketika angkot mundur untuk menaikkan penumpang.

Baca Juga: KPU Kendari Tak Berani Beberkan Identitas Caleg Inisiator Pertemuan dengan 11 Perangkat KPU

Sopir petepete ini mengaku tidak mengetahui pasti apakah pemasangan stiker dilarang KPU atau tidak. Mereka hanya mengetahui tawaran uang pemasangan stiker dari caleg bersangkutan.

“Yah kita taunya ditawari caleg, kalau setuju, pasang,” ungkapnya.

Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Kendari, Muh Nasir menyatakan, pemasangan stiker kaca film di angkutan adalah strategi caleg dan efektif. Karena angkot setiap saat lalu lalang di jalur dapil caleg bersangkutan.

“Itu strategi caleg, yah bisa efektiflah,” ujar Muh Nasir di ruang kerjanya.

Reporter: Dahlan
Editor: Ann

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

News Update