Berita PilihanRegional

Sehatkan Media, AMSI Sultra Bangun Diskusi Bersama

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dalam rangka membangun media sehat dari segi pemberitaan, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar diskusi bersama dengan pihak Pemerintah provinsi (Pemprov) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Dalam diskusi tersebut, Ketua DPRD Sultra Abdulrrahman Saleh (ASR) mengungkapkan, media yang tergabung dalam anggota AMSI seyogyanya dapat membuat berita yang dilandasi oleh kebenaran dan etika profesionalisme, sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Kata ARS, pemberitaan media online harus menjunjung tinggi etika dan kebenaran sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang pers maupun kode etik jurnalistik.

“Media online harus mengutamakan etika dan kebanaran dan wartawan juga harus memiliki kompetensi agar karyanya dapat dibedakan dengan media yang tidak jelas keberadaannya alias abal-abal,” paparnya saat memberikan materi di salah satu Hotel Kendari, Selasa (04/5/2021).

Lanjutnya, diketahui, media online di Sultra saat ini jumlahnya mencapai ratusan, namun yang tercatat dalam dua organisasi perusahaan resmi yang diakui sebagai konstituen Dewan Pers hanya berjumlah sekitar 40 media, Disultra sendiri, anggota AMSI berjumlah 20 media demikian pula dengan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Politisi PAN ini juga mengajak media anggota AMSI dan SMSI untuk bisa menyelenggarakan diskusi rutin dengan berbagai tema, guna mendukung pembangunan di daerah ini, yang sekaligus untuk mengisi pengetahuan para jurnalis berbagai perspektif, baik politik, ekonomi, budaya, dan lainnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah Sultra, Nur Endang Abbas Buraera, media merupakan mitra pemerintah sehingga media bukan hanya memberikan kritikan namun sebaiknya dengan solusi, Dengan demikian maka pemerintah pun bisa memperbaiki kebijakan yang bila dianggap keliru.

“Pentingnya kompetensi jurnalis media, sehingga pemberitaan yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan landasan moral dan etika,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua AMSI Sultra, M Djufri Rachim, menjelaskan, salah satu tujuan AMSI adalah membina anggota untuk menjadi media profesional.

“Walau pun itu tidak mudah, namun organisasi ini mempunyai tanggungjawab moral untuk mendorong media lebih baik sehingga dapat diterima oleh masyarakat luas,” kata Djufri.

Reporter: Betyrudin
Editor: Via

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button