KesehatanMuna Barat

Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan, Dinkes Mubar bakal Bangun Dua Gedung Puskesmas

PLAY

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Guna meningkatkan kualitas dan pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat bakal membangun dua gedung Puskesmas dan satu Puskesmas rawat inap.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat, Ishar Masiala mengatakan, pihaknya terus memprioritaskan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya memaksimalkan peran Puskesmas dalam memberikan pelayanan.

Bukan hanya dalam hal fasilitas, Dinkes Muna Barat juga berupaya meningkatkan pelayanan Sumber Daya Manusia ( SDM ) terutama kepada masyarakat dengan senyum, sapa dan ramah (SSR).

“Kita maksimalkan bukan hanya sarana prasarana tetapi layanan kepada masyarakat pun dengan mengedepankan keramahan, sapa mereka dan berikan senyuman,” ujarnya.

Dikatakannya, hal tersebut bagian langkah untuk mengedepankan aspek layanan paripurna kepada masyarakat. Karena menurutnya  aspek nurani yang harus dikedepankan dalam memberikan layanan kesehatan pada masyarakat.

Terlebih hampir semua Puskesmas di Muna Barat sudah memiliki fasilitas ramah anak dan lansia. Dengan begitu, fasilitas tersebut harus ditunjang juga dengan kepribadian yang positif dari SDM-nya.

“Ingin memberikan kenyamanan pada masyarakat yang berobat, selain fasilitas yang ramah, SDM pun harus ramah juga,” ucapnya.

Selain itu, Ishar menjamin pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Puskesmas dan Puskesmas pembantu atau Pustu bakal dilakukan secara maksimal sebagai bentuk komitmen Dinkes dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan untuk menuju Muna Barat Sehat. Sejalan dengan hal itu, Dinkes juga akan berupaya meningkatkan kuantitas fasilitas kesehatan sebagai penunjang pelayanan yang diberikan petugas.

“Pelayanan akan diberikan secara maksimal kepada masyarakat Mubar. Di tingkat desa ada Pustu dan di tingkat kecamatan ada Puskesmas induk dan alhamdulillah setiap tahun ada penambahan petugas medis di tempat kita. Ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di desa dan kecamatan,” tambahnya.

Ojo sapaan akrabnya, telah merencanakan untuk pelayanan kesehatan akan dilakukan 1 x 24 jam oleh petugas puskesmas pada pagi hari melayani rawat jalan. Sedangkan sore dan malam pelayanan rawat inap.

Ia berharap, pelayanan Kesehatan di Puskesmas harus lebih ditingkatkan dengan ketersediaan sarana dan prasarana. Menurutnya, dengan memadainya sarana Kesehatan di Puskesmas, maka pelayanan kesehatan kepada masyarakat juga akan lebih baik.

“kita sudah rencanakan dan sudah usulkan untuk penambahan dua Puskesmas baru yakni Puskesmas Madampi dan Sidomakmur. Dua puskesmas ini sudah diusulkan pembentukan dan pendiriannya, Insyaallah tahun 2024 sudah dibangun. Selanjutnya kita bakal menambah satu status Puskesmas menjadi Puskesmas rawat inap di wilayah Kusambi Raya. Rencananya itu ada dua yang kami bakal tinjau dan nilai yang layak yakni Puskesmas Guali dan Sidamangura. Kemudian tahun ini telah melakukan peningkatan pembangunan pelayanan kesehatan di tiga puskesmas yakni Puskesmas Lawa, Tiworo Tengah dan Tiworo Selatan. (bds)

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button