iklan


iklan
Muna Barat

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Mubar Intens Lakukan Sosialisasi

PLAY

MUNA BARAT,DETIKSULTRA.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muna Barat intens melakukan kegiatan sosialisasi menjelang tahapan Pemilu 2024.

Dalam giat sosialisasi tersebut salah satunya adalah pengawasan pemilu partisipatif yang dilakukan di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tiworo Tengah. Kegiatan ini dihadiri oleh tokoh perempuan, anggota Pramuka, serta Komunitas Senam Mubar dan masyarakat setempat, Rabu (14/9/2022).

Ketua Bawaslu Mubar Ishak mengatakan, sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dan semua stakeholder untuk sama-sama menyukseskan pemilu.

Menurutnya, dengan keterbatasan SDM yang dimiliki Bawaslu dalam mengawasi dan menyukseskan pemilu, diperlukan dukungan dari masyarakat untuk ikut berpartisipasi mengawasi prosesnya.

“Artinya, dalam menjaga pesta demokrasi agar berjalan sesuai UU maka partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Ishak menyebut, pemilu merupakan pesta demokrasi atau pesta rakyat yang harus dilakukan dengan suka cita sesuai koridor yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Suksesnya pesta demokrasi merupakan tanggung jawab semua komponen masyarakat.

“Kondisi semacam inilah yang menjadi latar belakang kita membutuhkan dukungan masyarakat dalam hal mengawasi pemilu, untuk mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran,” paparnya.

Oleh karena itu lanjut Ishak, pihaknya tidak henti-hentinya melakukan upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya di Kabupaten Mubar.

Ia mengajak semua stakeholder untuk bersama-sama mengawasi proses dan tahapan pemilu agar kualitas pemilu yang berintegritas bisa terwujud.

Sementara Kordiv Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Mubar LM. Yasri mengungkapkan, Bawaslu diberi tugas selain mengawasi dan memastikan proses pemilu yang berintegritas, juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal melakukan pengawasan secara langsung.

Sesuai dengan Tagline Bawaslu “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”, pihaknya berharap peserta sosialisasi ini menjadi agen untuk menyampaikan kepada khalayak agar mengawasi pemilu.

Di tempat yang sama, Kordiv Pengawasan dan Hubal Bawaslu Mubar Waode Muniati Rigato mengutarakan, masyarakat pemilik hak suara harus dipastikan menggunakan hak pilihnya dalam konteks asas pemilu yakni luas, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Untuk memastikan kualitas pemilu yang demokratis, partisipasi masyarakat sangat diperlukan. Harapannya, yang peserta hari ini adalah menjadi perpanjangan informasi Bawaslu dalam hal pengawasan Pemilu,” bebernya.

Muniati menyebutkan, yang harus diawasi masyarakat bukan hanya proses pemilu tetapi integritas penyelenggara pemilu juga harus menjadi objek pengawasan.

“Selain itu, penyelenggara pemilu juga menjadi objek pengawasan semua masyarakat. Integritas penyelenggara harus diawasi. Semua sudah punya rambu-rambu, itu yang menjadi fokus pengawasan kita semua,” pungkasnya. (bds)

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button