Muna Barat

Bupati Mubar Bacakan Sambutan Kapolri pada Apel Pasukan Persiapan Operasi Ketupat Anoa 2022, Ini Pesannya

PLAY

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Bupati Muna Barat (Mubar) Achmad Lamani menghadiri langsung apel pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Anoa 2022 yang digelar Kepolisian Resor (Polres) Muna, Jumat (22/04/2022)

Kegiatan ini berlangsung di halaman Mako Polres Muna dan dihadiri sejumlah instansi terkait seperti TNI, Satpol PP, BPBD, dan Dishub Muna dengan tema “Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022.”

Dalam kesempatan ini, Achmad Lamani membacakan langsung sambutan Kapolri Listyo Sigit Prabowo di hadapan seluruh peserta apel.

Ia mengatakan, pengamanan yang akan diprioritaskan yakni tempat beribadah, objek wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, terminal, dan bandara.

Berdasarkan maping kerawanan yang telah dilakukan, terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi, antara lain ancaman terorisme, aksi premanisme, aksi sweeping oleh ormas, kenaikan harga, kelangkaan bahan pokok, antrean dan kelangkaan BBM, kejahatan konvensional, penyakit masyarakat.

Kemudian konflik buruh terkait THR, balap liar, penyalahgunaan narkoba, petasan, perkelahian antarkelompok, aksi perusakan fasilitas umum, kerumunan masyarakat yang bisa menyebabkan penularan virus Covid-19, maupun ancaman bencana alam.

“Oleh karena itu, operasi ketupat 2022 harus dilaksanakan secara optimal, sehingga arus mudik dan arus balik berjalan lancar dan aman. Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Idulfitri dengan aman dan sehat. Oleh karena itu lakukanlah operasi ini dengan rasa penuh tanggung jawab dan dukungan masyarakat,” ujarnya

Beberapa penekanan yang harus diperhatikan dalam operasi ketupat tahun 2022 ini yakni jaga stamina dan kesehatan mental, lakukan deteksi dini terhadap fenomena dan dinamika yang berkembang sehingga dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan secara prediktif, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Ia berharap agar pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi peduli lindungi.

Satgas pangan agar betul-betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga. Serta memantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat.

“Gelar kekuatan pada pos-pos pengamanan dan pelayanan serta lakukan koordinasi dan kerja sama dengan tim satgas Covid-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi lonjakan mobilitas masyarakat dengan melakukan tes antigen secara acak untuk mencegah penyebaran covid-19,” tutupnya. (bds*)

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button