Categories: Muna Barat

Bawaslu Mubar Imbau Panwascam Kawal Ketat Penghitungan Suara

Share
Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Proses pemungutan suara Pemilu 14 Februari 2024 telah usai. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muna Barat mengimbau kepada seluruh panitia pengawas kecamatan (Panwascam) agar mengawal secara ketat penghitungan suara yang saat ini sementara dilakukan.

Koordinator Divisi Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas (HP2H) Bawaslu Mubar, La Ode Muhammad Karman, mengatakan, dalam prosesnya ia tidak menginginkan ada suara calon peserta pemilu hilang, apalagi diambil oleh partai lain.

“Kami minta kepada sahabat Panwas Kecamatan agar memastikan tidak ada suara yang hilang apalagi diambil partai lain sehingga merugikan peserta pemilu,” ujarnya pada Sabtu (17/2/2024).

Dalam mengawal pemungutan suara ini, pihaknya juga meminta kepada seluruh masyarakat dan pihak lainnya untuk ikut serta melakukan pengawasan. Jika terdapat indikasi atau dugaan kecurangan di lapangan agar segera dilaporkan di panwas atau lembaga Bawaslu itu sendiri.

Menurut La Ode Muhammad Karman, sebagai pengawas pemilu, hal ini merupakan tugas yang mulia dalam menegakkan dan menjaga kemurnian dalam demokrasi bangsa.

Ia menyebut, pelanggaran terbesar dalam demokrasi adalah membiarkan sebuah kecurangan terjadi.

“Terlebih, ini juga suatu pengabdian kita terhadap negara dalam menjaga pemilu damai dan aman,” tandasnya. (bds)

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Biyan

Komentar