iklan


iklan
Konawe

SMP se-Kabupaten Konawe Gelar Pemilihan Ketua Osis dengan Sistem KPU

PLAY

KONAWE, DETIKSULTRA.COM –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe menyelenggarakan pemilihan Ketua OSIS SMP.

Ketua Divisi Parmas dan SDM KPU Konawe, Andang Masnur menjelaskan, pemilihan ketua OSIS secara serentak ini diinisiasi oleh KPU untuk mendorong sekolah-sekolah melalui Dinas Pendidikan.

“Pemilihan OSIS secara serentak ini dilaksakan untuk pertama kalinya di Konawe dan mungkin di Sulawesi Tenggara,” ujarnya, Sabtu (12/11/2022).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi dan literasi kepemiluan kepada peserta didik sebagai calon-calon pemilih pemula kedepannya.

“Jadi KPU menginisiasi dan mendorongnya ke sekolah-sekolah melalui Dinas Pendidikan. Alhamdulillah Pak Kadis merespon dengan baik dan cepat sehingga lahirlah MoU yang kita sepakati pada Oktober lalu,” ujarnya.

Dinas pendidikan Konawe kemudian mengidentifikasi sekolah yang telah habis masa jabatan kepengurusan OSIS-nya dan belum melaksanakan pemilihan.
Hasilnya, disepakatilah delapan sekolah yang menggelar pemilihan OSIS secara serentak.

Berbeda dari pemilihan ketua OSIS sebelumnya, KPU Konawe juga memfasilitasi dengan menyusunkan tahapan pemilihan semirip mungkin dengan tahapan Pemilu. Dimulai dari perencanaan, pembentukan panitia, pemutakhiran data pemilih, penjaringan calon, kampanye atau penyampaian visi-misi, hari tenang, hari pelaksanaan pemilihan dan penetapan calon terpilih.

Ia berharap, pemilihan ketua OSIS serentak ini mampu memberikan pembelajaran secara konkret tentang pemilihan dan demokrasi yang selama ini siswa pelajari melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

“Ini sebagai langkah awal kita menyerentakkan pemilihan di beberapa sekolah, ke depan harapan kita semua SMP sederajat bisa mengikuti program pemilihan OSIS serentak ini. Bila perlu kita berkomunikasi ke UPTD pendidikan menengah atas yang membawahi SMA sederajat di Konawe untuk mengikuti program ini,” tukasnya. (bds)

 

Reporter: Hiswan Pagala
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button