Konawe

Petani Konawe Panen Padi Hingga 10 Ton per Hektare

PLAY

KONAWE, DETIKSULTRA.COM – Ada cerita menarik saat perayaan panen raya di Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe, Rabu (7/8/2021) pagi tadi.

Di mana petani di Kelurahan Mekar Sari mampu menghasilkan panen padi sawah sekitar 10 ton atau 100 karung lebih gabah per hektare.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Buana Sari di wilayah tersebut, Made Mitra menyatakan bahwa beberapa hari lalu ada salah satu petani memanen padinya 108 karung gabah.

“Bahkan ada juga salah satu petani yang hanya memiliki setengah hektare mampu memanen sawahnya 58 karung gabah”. ujarnya, Rabu (7/4/2021).

Untuk hasil panennya, kebanyakan petani langsung menjemur padi, walaupun diakuinya gabah kering panen pun sudah ada yang menawar untuk membelinya.

Ia melanjutkan, rata-rata petani hanya memiliki lahan 1 hektare per kepala keluarganya karena jumlah penduduk telah berkembang.

“Dari 350 kepala keluarga namun hanya 251 KK yang bersawah,” ujarnya.

Made mitra sebagai salah satu Ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Inolobungadue, Kecamatan Tongauna juga menyatakan akan siap menjalankan program pemerintah tiga kali tanam dalam setahun.

“Kami sudah duduk bersama ingin meningkatkan produktivitas padi di Kabupaten Konawe,” jelasnya.

Ia menjelaskan, melalui jenis padi MP1 ini GP3A Inolobungadue dengan luas lahan 200 hektare siap tiga musim tanam per tahun yang dimana dulunya hanya dua kali panen bahkan hanya sekali panen.

Namun untuk mencapai tiga kali tanam ini, pihaknya memprediksi akan ada hambatan jika semua wilayah menerapkan hal tersebut maka kebutuhan alat pertanian sangat minim serta pupuk subsidi yang masih kurang.

Sehingga ia mengharapkan kepada pemerintah untuk memfasilitasi segala kekurangan petani, seperti alat dan mesin pertanian, pupuk bersubsidi dan racun serta perbaikan jalan usaha tani.

Ia juga menegaskan bahwa awal bulan Juni ini rencananya akan memulai lagi menanam padi sesuai dengan SK Bupati Konawe dan ia memprediksi pertengahan September akan panen.

Bupati Konawe Kery Saipul Konggoasa berkomitmen akan selalu membantu kebutuhan petani.

“Nanti kita rencanakan jalan usaha tani ini kita aspal,” ujarnya.

Reporter: Hiswan Pagala
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button