Konawe

Penuhi Kebutuhan Oksigen, PT VDNI dan OSS Suplai di RSUD Kendari dan Konawe

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dua rumah sakit umum daerah (RSUD) di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat bantuan tabung oksigen.

Tabung oksigen diperoleh RSUD Konawe dan RSUD Kota Kendari dari PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS).

Juru Bicara VDNI-OSS, Dyah Fadhilat mengungkapan pihaknya telah menyuplai puluhan tabung oksigen di dua RSUD tersebut, demi memenuhi kebutuhan oksigen ditengah pandemi Covid-19.

“Ini merupakan wujud komitmen VDNI dan OSS untuk membantu suplai oksigen di wilayah Sultra hingga seluruh kebutuhannya terpenuhi,” beber dia, Senin (26/7/2021).

Sebelumnya Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir menuturkan bahwa RSUD Kota Kendari nyaris kehabisan stok tabung oksigen untuk pasien Covid-19.

Pasalnya, penyedia oksigen mitra Pemkot Kendari dari Jawa menghentikan pengiriman ke Kendari untuk memenuhi kebutuhan RS di Pulau Jawa.

“Saat itu saya baru tiga hari menjalani isolasi mandiri pada Juni 2021 lalu, bahkan laporan pihak RSUD saat itu stok oksigen diprediksi hanya mampu bertahan lima hari,” ungkapnya.

Kebutuhan oksigen di RSUD Kendari saat ini mencapai 150 tabung per hari, sementara pada kondisi normal, kebutuhan hanya 40 tabung per hari.

Ia pun menyampaikan bahwa bantuan dari VDNI dan OSS sangat membantu pemerintah kota dalam mengatasi krisis pandemi Covid-19.

“Kami bersyukur karena pihak VDNI dan OSS selalu siap memenuhi berapapun kebutuhan oksigen di RSUD Kendari. Dengan bantuan ini, mungkin hanya RSUD Kendari yang memiliki stok oksigen tidak terbatas jumlahnya,” tandasnya.

Untuk diketahui, perusahaan pengelola Kawasan Industri Morosi, PT VDNI dan OSS juga telah mendonasikan sebanyak 7 buah iso tank dan 1000 tabung oksigen kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button