Konawe

Kery Minta Pengelolaan Pulau Bokori Dikembalikan ke Pemkab Konawe

PLAY

KONAWE, DETIKSULTRA.COM – Pulau Bokori adalah pulau yang masuk di wilayah teritorial Kabupaten Konawe, namun pengelolaannya saat ini berada di tangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa meminta secara tegas aktivitas proyek di objek wisata Pulau Bokori segera dihentikan, dan akan dikelola kembali oleh Pemkab Konawe.

“Harus distop aktivitas proyek di pulau di mana melalui izin dari Pemprov Sultra, Sementara Pulau Bokori sendiri merupakan bagian wilayah Kabupaten Konawe,” katanya, Senin (1/5/2021).

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa Dinas Pariwisata Sultra selama menangani Pulau Bokori hanya berstatus sebagai pinjam pakai.

Kery mengaku Pemprov Sultra tidak pernah melibatkan Pemda Konawe dalam bagi hasil. Menurutnya itu hal keliru karena Pulau Bokori adalah aset milik Konawe.

“Wilayah Bokori masuk di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe,” ungkapnya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengatakan aktivitas proyek dapat dilanjutkan kembali apabila ada renegosiasi antara Pemprov Sultra dan Pemda Konawe.

Bukan hanya objek wisata Pulau Bokori, Kery menegaskan renegosiasi ditujukan untuk seluruh objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Konawe.

“Tanpa itu (renegosiasi) saya minta seluruh kegiatan apapun di atas pulau Bokori dihentikan,” tegas Kery.

Menurut Bupati Konawe dua periode ini, Pemda Konawe selama ini belum mendapatkan apa-apa. Padahal diketahui, pengelolaan pulau itu telah berjalan selama kurang lebih lima tahun.

“Nur Alam ketika itu menyatakan keinginannya untuk membangun Bokori. Saya oke, dengan catatan status pinjam pakai,” lanjut Kery.

Ia juga mengatakan jika pihaknya saat ini telah memiliki anggaran untuk membangun Pulau Bokori. Sekaligus mengembangkan Pulau Saponda laut.

 

Reporter : Hiswan Pagala
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button