Konawe Utara

Pemilih Terpapar COVID-19, KPU Konut Siapkan Panitia Khusus di Hari Pencoblosan

PLAY

KONAWE UTARA, DETIKSULTRA.COM – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan berlangsung pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang, di tujuh kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra). Salah satunya Kabupaten Konawe Utara (Konut)

Masyarakat yang sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) diharuskan untuk menyalurkan hak suaranya, agar penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan ini terlaksana dengan sukses.

Bagaimana pemilih yang belum dinyatakan sembuh dari paparan COVID-19? Ketua komisi pemilihan umum (KPU) Konut, Syawal Sumarata mengatakan mereka yang positif tak perlu risau atau takut untuk tidak menggunakan hak pilihnya.

Sebab, dia bilang pihaknya telah menyiapkan panitia khusus yang akan melayani pasien COVID-19 di hari hak pencoblosan.

“Jika ada pemilih yang positif COVID-19, tindakannya nanti akan ada panitia yang mengantarkan surat suara di tempat dimana mereka diisolasi, baik di RSUD Konut maupun di rumah. Dengan catatan panitia kami dilengkapi APD lengkap seperti baju Hamzat dan lain-lain,” ungkapnya, Kamis (3/12/2020).

Tak hanya itu, Syawal juga mengatakan setiap petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) akan dilengkapi dengan APD, seperti sarung tangan, masker, face shield dan handsanitaizer.

“Termaksud kami juga menyiapkan sarung tangan untuk pemilih dan masker yang tidak menggunakan saat datang di tempat pemungutan suara (TPS),” jelasnya.

Bahkan dalam proses mekanisme pemungutan suara dan perhitungan suara, pemilih yang suhu badannya 37,3 akan ditempatkan di bilik khusus.

“Jadi mereka tidak memasuki TPS lagi melainkan dilayani di bilik khusus yang telah kami siapkan,” beber Syawal.

Olehnya itu dia menghimbau kepada seluruh masyarakat yang bakal ke TPS menyalurkan hak suaranya pada Pilkada 2020 ini, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) COVID-19.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button