Categories: Konawe Selatan Politik

Monitoring Kinerja Pegawainya, Surunuddin Sidak Dikbud dan Disdukcapil

Share
Dengarkan

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Guna memonitoring kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugasnya, Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga, didampingi Kepala Bagian Humas Setda Konsel Hermawan, melakukan inpeksi mendadak (sidak) pada Rabu (21/2/2018).
Sidak yang dimulai pada pukul 09.00 pagi itu dilakukan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Kehadiran bupati yang tiba-tiba itu membuat para pegawai sontak kaget.
Di hadapan pimpinan dan para staf Dinas Dikbud, bupati mengingatkan agar memberikan contoh yang baik kepada dinas lainnya, terutama mengenai kedisiplinan.
“Diknas memiliki pegawai hampir separuh dari total jumlah pegawai di Konsel, jadi setiap perilaku dan budaya kerja di instansi ini dapat memberikan dampak baik atau buruk kepada pegawai di instansi lain. Makanya, Dikbud harus memberikan contoh yang baik,” ujarnya.
Selain itu, Dikbud harus memiliki data jumlah tenaga pengajar di setiap sekolah. Data itu harus akurat dan sesuai dengan fakta di lapangan, baik PNS, Non PNS maupun tenaga kontrak.
Diakui, masih terdapat kekurangan guru di beberapa sekolah. Dan untuk mengisi kekurangan tersebut, beberapa waktu lalu Pemkab Konsel telah melakukan seleksi tenaga guru honorer yang diupah oleh pemda.
“Tahun ini juga kita akan rampungkan dan mereka akan disebar sesuai daerah pilihan masing-masing saat mendaftar. Tenaga pengajar yang sudah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) harus selalu mengembangkan wawasan dan skillnya. Sedangkan sekolah yang masih terakreditasi C harus kita perbaiki dan ditingkatkan akreditasinya. Ini akan terus saya kontrol secara kontinyu dengan mendatangi setiap sekolah tersebut karena sasaran utama kita adalah meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas tenaga pendidik,” tegas mantan Ketua DPRD Konsel ini.
Usai memberikan arahan, Surunuddin kemudian meninjau jalan yang menghubungkan ruas Kecamatan Baito – Kecamatan Mowila. Pada hari yang sama, Surunuddin juga melakukan sidak di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan mendapati kantor tersebut aktifitasnya berjalan normal.
Di sana, Surunuddin juga memberikan arahan kepada para pegawai agar memberikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada masyarakat.
“Kantor ini jangan pernah terlihat kosong dan jangan merasa terbebani dengan pekerjaan. Pelayanan harus selalu tepat waktu karena Disdukcapil merupakan ujung tombak pelayanan publik di Pemda Konsel,” tutupnya.
Reporter: Fadli Aksar
Editor: Rani

Komentar